Hati-Hati Tumbuhan Cantik Ini Beracun


1. Caladium x hortulanum (Heart of Jesus)

Keladi
Keladi

Caladium x hortulanum atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan nama Heart of Jesus akan menyebabkan tenggorokan terasa terbakar akibat memakan tanaman ini. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini dinamakan Keladi Hias dan merupakan salah satu tanaman hias yang biasa menghiasi pekarangan rumah. Sering di salah artikan dengan tumbuhan talas yang berdaun mirip dan memiliki umbi yang dapat dimakan. Namun ketika Anda salah dan mengira tumbuhan Caladium x hortulanum ini sebagai umbi talas dan memakannya maka yang Anda rasakan adalah rasa terbakar di tenggorokan karena terdapat zat beracun Kalsium Oksalat didalamnya.

2. Actaea pachypoda (Doll Eyes)

Doll eyes
Doll eyes

Dengan daunnya yang hijau dan bunganya yang mungil, Dollâ??s Eyes (Mata Boneka) terlihat tidak berbahaya. Namun, tanamanan yang bunganya biasanya digunakan sebagai kerajinan tangan ini dapat menyebabkan lapisan otot jantung menjadi tenang sehingga memperlambat detak jantung yang berakibat fatal jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dapat menimbulkan rasa sakit di mulut.

3. Bunga lakspur (Delphinium)

Bunga Lakspur
Bunga Lakspur

Bunga larkspur (delphinium) sangat terkenal sebagai tumbuhan ornamen dan hiasan dan biasa di tanam sebagai hiasan taman karena warna birunya yang sangat indah. Anak-anak sangat antusias melihat warnanya yang menarik dan tidak bisa menahan untuk memegangnya. Namun melalui kontak kulit tumbuhan ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Jika masih tidak percaya dan mengkonsumsinya maka bersiap-siap untuk keracunan dari zat alkaloid yang terkandung didalamnya. Efek yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi tanaman ini adalah kehilangan orientasi, gemetar, kaku, lemah, dan yang paling buruk adalah sistem pernapasan menjadi lumpuh.

4. Ligustrum (Privet)

Privet
Privet

Tumbuhan ini biasanya ditanam secara rapi untuk menjadi pagar tanaman. Tapi jangan salah sangka, coba makan buahnya dan anda tidak akan ingin mendekati tanaman ini. Tumbuhan dengan jenis Ligustrum ovalifolium mengandung racun glikosida yang menyebabkan rasa sakit pada perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, lemah serta kulit menjadi dingin dan lembab. Tanaman ini juga dapat menyebabkan kefatalan bagi binatang peliharaan seperti kuda, sapi dan kambing.

5. Melati kuning (Yellow Jasmine)

melati kuning
melati kuning

Melati kuning, nama yang indah untuk tumbuhan yang indah pula namun jangan terbuai dengan pesonanya. Bunga yang juga sebagai bunga negara bagian Carolina Selatan, Amerika Serikat ini dapat mematikan.  Meskipun zat gelsemium yang terkandung di dalamnya biasanya digunakan menjadi obat herbal untuk mengobati pegal linu, ketika digunakan dengan salah dapat mengakibatkan kematian. Semua bunga dari tumbuhan ini mengandung zat gelsimin alkaloid yang dapat berakibat fatal untuk lebah-lebah yang mengira zat ini sebagai nektar madu yang manis.

6. Lonceng peri

Fairy bells
Fairy bells

Penampilan yang cantik dan menarik menyebabkan tanaman ini mendapatkan nama yang cantik pula, Lonceng peri namun di beberapa tempat tanaman ini disebut Lonceng kematian (Dead Menâ??s Bells) dan Jari berdarah (Bloddy Fingers) . Tanaman cantik ini mengandung zat glikosida digitoxin yang berbahaya bagi jantung. Jika tidak sengaja termakan maka akan menimbulkan gejala mual, muntah, kejang, serangan jantung dan yang terburuk kematian.

7. Tembakau kayu (Nicotiana glauca)

tembakau kayu
tembakau kayu

Melihat banyaknya konsumsi tembakau di dunia mungkin Anda mengira tanaman yang bernama tembakau kayu juga dapat digunakan untuk komponen rokok atau dapat dimana. Namun kenyataannya tidak begitu, tanamana yang bernama latin Nicotiana Glauca ini dapat menyebabkan muntah, diare, denyut nadi melambat, pusing, pingsan dan kegagalan saluran pernapasan. Tumbuhan ini merupakan penyebab mengapa di Texas, Amerika Serikat banyak kuda dan sapi-sapi mati secara misterius setelah memakan tanaman ini.

8. Laburnum Anagyroides (Golden chain)

golden chain
golden chain

Laburnum Anagyroides (Golden chain) adalah  pohon besar dan rimbun yang memiliki bunga kuning yang cantik. Tanaman ini memiliki sejarah dan reputasi yang terkenal di Inggris yang pernah disalah artikan sebagai sejenis tanaman kacang pohon. Namun ternyata mengandung lupinin dan beberapa inhibitor enxim berbahaya setidaknya jika mengkonsumsi 20 kacang tanaman ini dapat menyebabkan seorang anak kecil tewas. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil, tanaman yang tanah pada musim kering ini dapat menyebabkan diare.

9. Kalanchoe pinnata (Miracle leaf)

miracle leaf
miracle leaf

Biasa disebut dengan Daun Keajaiban (Miracle Leaf) karena kemampuan pengobatan yang dimilikinya. Namun jika digunakan dengan salah tanaman Kalanchoe pinnata ini akan kehilangan keajaibannya. Tanaman ini mengandung glikosida bufadienolida yang berbahaya bagi jantung, sehingga hewan herbivora yang secara tidak sengaja memakannya akan mengalami keracunan pada jantungnya.

10. Wind flower

wind flower
wind flower

Memiliki mahkota bunga yang halus dan berbentuk bintang, tumbuhan Windflower tampak seperti bunga indah yang menghiasi rambut pengantin. Namun ternyata tanaman ini tidak boleh disentuh, karena akan menyebabkan kulit menjadi memerah. Tanaman berbunga ini secara keseluruhan mengandung racun kimiawi seperti protoanemonin yang dapat meracuni dan mengiritasi saluran pencernaan manusia dan binatang.

11. Devil turnip

devil turnip
devil turnip

Seperti namanya yang menakutnya, Devil turnip (Lobak setan) merupakan tanaman merambat yang bersaudara dengan tanaman mentimun, menghasilkan buah beri berwarna merah muda dan agak berbau yang biasanya dipakai oleh peracik obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun jika dikonsumsi secara tidak benar akan menyebabkan muntah, kerusakan ginjal, kejang sampai keguguran.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
33
OMG
Yaelah Yaelah
61
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
51
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak