Fakta Unik Lagu Kebangsaan di 4 Negara Eropa


Lagu kebangsaan kerap diperdengarkan dalam event-event tertentu, salah satunya di event olahraga. Sebagai rasa hormat dan penghargaan kepada atlitnya yang meraih prestasi, sebuah lagu kebangsaan boleh berkumandang di negara lain. Identitas sebuah bangsa pun juga tercermin dari lagu kebangsaannya. Lagu kebangsaan juga bisa menjadi pemersatu dan menimbulkan nasionalisme kepada negara.

Ada ratusan lagu kebangsaan yang ada di muka bumi ini. Tentunya lagu-lagu tersebut memiliki makna yang terjandung di balik lirik demi liriknya masing-masing. Namun dari semua lagu kebangsaan tersebut, rupanya ada lho fakta-fakta unik dibalik lagu tersebut. Sebagai contoh, apakah JBers sempat memperhatikan jika lagu kebangsaan Prancis (La Marseillaise) terdengar begitu mirip dengan salah satu lagu nasional kita, Dari Sabang Sampai Merauke?. Mau tau cerita lagu kebangsaan lainnya? yuk kita simak ulasannya.

1. Yunani

Negara indah ini tercatat sebagai negara dengan lagu kebangsaan terpanjang di dunia. Judulnya Imnos pros tin Eleftherian, terdiri dari 158 bait dengan 8 baris di setiap bait. Wow! Butuh berapa lama untuk menyanyikannya?

2. Spanyol

Spanyol menuntut permintaan maaf setelah dalam pertandingan tenis Piala Davis di Australia tahun 2003, panitia salah memutar lagu kebangsaan mereka. Bukannya The Marcha Real yang terdengar, tetapi justru lagu kebanggaan Partai Republik Spanyol saat Perang Dunia!

3. Cyprus

Cyprus adalah sebuah negara kecil yang 80% penduduknya merupakan keturunan Yunani, sementara 20% lainnya keturunan Turki. Negara tersebut menjadi satu-satunya bangsa yang tidak memiliki lagu kebangsaan! Jadi, kalau diperlukan, Cyprus bergantian â??meminjamâ?? lagu kebangsaan Yunani dan Turki.

4. Inggris

Selain The Star-Spangled Banner (Amerika), barangkali God Save The Queen menjadi lagu kebangsaan yang paling populer di seluruh dunia. Band punk Sex Pistols turut andil di dalamnya, walaupun perlu diingat, lagu God Save The Queen versi John Lydon dan kawan-kawan sama sekali bukan versi aslinya.(jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak