STORY: Sacha Steveson, Bule yang Mencintai Indonesia


Banyak seleb yang menjadi terkenal setelah mengunggah video dirinya ke situs YouTube. Meski demikian, ternyata menjadi terkenal lewat YouTube tak semudah kelihatannya. Dibutuhkan video yang inovatif dan unik agar dapat bersaing dengan jutaan video lainnya. Salah satu video yang mampu menarik perhatian orang Indonesia adalah video dari Sacha Steveson.

Sacha adalah seorang bule asal Kanada, yang suka mengekspresikan pendapatnya mengenai negara Indonesia dan orang-orangnya melalui video buatannya. Dilansir dari Vemale, Jumat (13/6/2014), Sacha yang sudah tinggal di Indonesia selama 13 tahun ini awalnya mengira kalau Indonesia itu seperti negara Tiongkok. “Then I came to Indonesia, I was surprised (Lalu saya datang ke Indonesia, dan saya terkejut)”, ungkap bule Kanada tersebut. Menurut Sacha, orang Indonesia kalau berbicara seperti orang Spanyol, sehingga karena ketertarikannya dengan negara ini, secara perlahan-lahan Sacha belajar bahasa Indonesia. “So after a year, Iâ??m saving my money and thinking, okay Iâ??m staying here (Setelah satu tahun, saya mulai menabung dan berpikir untuk tinggal di Indonesia)”, kata Sacha.

Sosok Sacha yang cuek dan konyol jelas membuktikan bahwa videonya berhasil memikat para penggemar YouTube. Ia membuat video-video mengenai beragam hal yang ditemuinya di Indonesia. Akhirnya Sacha memutuskan untuk serius melakukan pembuatan video berisi parodi, lagu-lagu dan hal-hal unik seputar kebiasaan masyarakat Indonesia. Berbagai komentar pun datang silih berganti. Ada yang suka, ada yang tidak suka.

“Sacha ini parodi untuk bule gak ada artinya, hanya terlihat seperti bule bodoh di televisi-televisi, bule konyol yang berjoged seperti dangdut”, Sacha bercerita. Video yang dia buat selalu penuh dengan kelucuan, namun mencerminkan kehidupan orang Indonesia secara nyata. Saking terkenalnya di youTube, dirinya pernah dihubungi oleh Joko Anwar, Monty Tiwa, dan Raditya Dika. “Mereka orang-orang yang saya sukai, saya sangat senang mereka hubungi saya, walau saya tidak akan pernah didatangi mereka, karena mereka keren dan saya tidak,” ujarnya merendah.

Kemudian pada bulan November 2013, Sacha dipersunting oleh pria asal Bandung bernama Angga Prasetya, yang selalu mendukung semua kegiatan Sacha. “Suamiku adalah managerku dan dia men-support semua tentang YouTube-ku, dan setiap kali aku mau membuat video, dia yang akan menyiapkan keperluannya,” lanjut Sacha.

Bukti nyata rasa sayang Angga terhadap Sacha antara lain adalah ketika Angga pergi ke Pasar Minggu untuk membelikan seragam SMA, seperti yang diminta oleh Sacha untuk pembuatan video YouTubenya. â??Dan ternyata dia membelikan semua seragam dan berkata kepadaku, ini seragam SD, SMP, SMA dan ini topinya,” ujar Sacha saat menceritakan kekonyolan yang menjadi bukti cinta sang suami untuknya.

Keberhasilan Sacha saat ini adalah proses setelah melalui banyak kegagalan. Anda juga pasti bisa seperti Sacha selama memiliki kemauan yang kuat serta usaha yang pantang menyerah. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak