Wat Rong Khun, Kuil Putih Unik di Thailand


Wat Rong Khun adalah sebuah kuil Buddha dengan arsitektur non-konvensional yang terletak di Chiang Rai, Thailand. Dilansir dari Amusing Planet, Minggu (7/9/2014), oleh wisatawan asing kuil ini sering dikenal dengan nama Kuil Putih.

Kuil ini tersohor karena gaya arsitekturnya yang aneh, bernuansa surealis dipadu dengan detail arsitektur tradisional Thailand. Kuil yang berwarna serba putih dan dipenuhi patung dengan detail ukiran rumit ini bagi banyak orang menimbulkan kesan megah namun juga menakutkan di saat yang bersamaan.

Wat Rong Khun
Wat Rong Khun

Wat Rong Khun dirancang pada tahun 1997 oleh pelukis terkenal Thailand, Chalermchai Kositpipat. Bangunan utamanya dicat serba putih untuk menggambarkan kesucian Buddha. Walaupun begitu keseluruhan kompleks bangunan kuil dirancang dengan tema kehancuran dan kekacauan. Karena itulah di seluruh kompleks ditemui banyak patung setan, tengkorak, dan kepala terpenggal yang tergantung menyeramkan di pepohonan.

Wat Rong Khun
Wat Rong Khun

Simbol kehancuran sendiri ditampilkan dalam wujud bangunan bersama patung-patung di depannya yang disertai ukiran bara api berwarna putih yang rumit dan indah. Anehnya lagi, jika memasuki bagian dalam bangunan utama kuil, alih-alih menemukan lukisan bertema Buddha Anda akan menemukan berbagai lukisan ikon budaya populer seperti Superman, Ultraman, Neo dari The Matrix, dan Predator yang dilukis dengan warna-warni mencolok.

Lukisan Ultraman di dalam Wat Rong Khun
Lukisan Ultraman di dalam Wat Rong Khun
Lukisan Superman di dalam Wat Rong Khun
Lukisan Superman di dalam Wat Rong Khun

Kositpipat tampaknya lebih memilih superhero dalam budaya modern untuk menggambarkan pertarungan antara baik dan jahat daripada menampilkan tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah agama Buddha. Kiamat sendiri dalam kuil ini digambarkan seperti adegan kiamat yang ditampilkan dalam film-film fiksi ilmiah buatan Hollywood.

Sayangnya kuil yang menakjubkan ini nyaris rusak karena gempa bumi yang mengguncang Thailand pada bulan Mei lalu. Untunglah sebagian besar bangunan kuil masih selamat, dan direncanakan untuk kembali direnovasi. Hingga renovasinya selesai, pengunjung hanya boleh melihat kemegahan Wat Rong Khun ini dari luar saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak