Gumpalan Rambut Raksasa Ditemukan dalam Tubuh Remaja Ini

Ardy Messi

Selama bertahun-tahun seorang remaja perempuan asal Kirgistan hobi mengambil rambut yang berjatuhan di karpet dan memakannya, tak hanya itu Ayperi Alekseeva juga hobi mengunyah ujung rambutnya.

Seperti yang dikutip dari news.co.au (Rabu, 1/10/2014), akibat kebiasaannya itu Ayperi jadi susah minum dan menelan makanan hingga menyebabkan dirinya dehidrasi. Setelah mencari bantuan medias dan melakukan operasi, dokter menemukan sesuatu yang mengejutkan dalam tubuh remaja berusia 18 tahun tersebut. Dokter menemukan sebuah gumpalan besar rambut yang beratnya mencapai 4 kilogram.

Bila tanpa operasi darurat, dokter mengatakan remaja yang dehidrasi dan kekurangan gizi tersebut dipastikan akan meninggal dunia.

Kasus yang dialami oleh Ayperi Alekseeva merupakan sebuah peristiwa yang langka. Profesor bedah rumah sakit Bahadir Bebezov dan koleganya Tilek Umeraliv, mereka tidak pernah mendengar atau menemukan kasus gumpalan rambut sebesar 4 kilogram di dalam catatan medis mereka selama 50 tahun terakhir.

Orang tua Ayperi membawa anak mereka setelah berat badannya menyusut dan tidak bisa memakan apa-apa. Pertama di RS Batken, setelah di scan kemudian Ayperi dirujuk ke RS yang lebih besar, RS Biskek untuk di operasi.

“Orang tua Ayperi membawa anaknya setelah kehilangan berat badan dan tidak bisa makan apa-apa. Seiring berjalannya waktu, anaknya tersebut tidak bisa minum air. Kami menyadari harus segera melakukan operasi,” kata Profesor Bebezov.

Operasi adalah jalan satu-satunya untuk bisa mengeluarkan gumpalan rambut raksasa dari dalam tubuh remaja tersebut.

Secara psikologis, terlepas dari kebiasaan Ayperi memakan rambut dari karpet dan mengunyah ujung rambutnya, dia adalah gadis remaja yang normal. Setelah operasi pengambilan rambut, Ayperi Alekseeva terlihat begitu kurus dan kecil, namun sudah sehat kembali. Dia sudah berjanji tidak akan memakan rambut lagi di masa depan.(dea)

Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.