Pria Ini Bikin Lukisan dari Sinar Matahari


Pada waktu kecil kita sering bermain dengan kaca pembesar, dengan meletakkan di atas kertas di bawah terik matahari atau pada seekor semut yang akan lari terbirit-birit karena terbakar. Namun siapa sangka kalau kegiatan seperti itu ternyata bisa menghasilkan sebuah karya seni?

Seorang seniman asal Cordilleras, Filipina, bernama Jordan Mang-osan menggunakan sinar matahari untuk membuat karyanya. Menggunakan sinar matahari di sini maksudnya adalah menggunakan bantuan kaca pembesar untuk mengukir lukisan indah di permukaan papan kayu. Lukisannya yang istimewa selalu menggambarkan keindahan alam dan kebudayaan masyarakat di tanah kelahirannya itu.

Lukisan karya Mang-osan
Lukisan karya Mang-osan

Dilansir dari Amusing Planet, Sabtu (11/10/2014), Mang-Osan memulai menekuni hobi seni lukisnya dari umur 19 tahun. Saat itu, ia mulai melukis dengan 9 materi mentah; akrilik pada kanvas, media campuran serta mencoba seni pirografi surya pada sejumlah permukaan seperti kertas buatan tangan dan panel kayu.

Lukisan karya Mang-osan
Lukisan karya Mang-osan

Pada tahun 1996, Mang-osan mulai membantu Desa Tam-Awan dan Chanum Foundation dan menjadi salah satu pendiri desa seniman di tengah-tengah Baguio City. Bersama-sama, mereka berharap dapat menghidupkan budaya dan memperlihatkan cara hidup di dataran tinggi.

Lukisan karya Mang-osan
Lukisan karya Mang-osan

Oleh sebab itulah lukisan-lukisan pria kelahiran 21 September 1967 ini selalu bertemakan keindahan alam Gunung Provinces dan budayanya. Ia pun menerima berbagai penghargaan seperti Top 10, Philippine Regional Art Award 2007 National Museum pada tahun 2007 berkat dedikasinya.

Pameran solo terakhirnya adalah “Pyrography and Solar Drawing Tam-awan Village” yang dilaksanakan pada April 2012 lalu. Setelahnya, ia mengikuti pameran kelompok yang bertajuk “Kalasag: Return to the Native Land Tam-awan Village, Baguio City” pada 2013. Selain itu, ia juga memiliki galeri sendiri.  (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak