Uniknya Karya Seni Pasir di Dalam Botol


Mungkin Anda pernah melihat di televisi kalau ada orang yang pandai membuat lukisan dari pasir. Ternyata, membuat karya seni dari pasir sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Salah satu seniman yang membuat karya seni dari pasir yang terkenal adalah Andrew Clemens.

Andrew Clemens (1856-1894) adalah seorang seniman otodidak yang sangat luar biasa. Pasalnya, pria ini dapat menciptakan karya seni indah dengan hanya menggunakan butiran kecil pasir yang berwarna-warni, tanpa harus menggunakan lem atau pun perekat.

Clemens yang merupakan campuran Jerman dan Prusia ini dikabarkan bisu dan tuli, namun dirinya masih bisa bertahan hidup. Dilansir dari Amusing Planet, Jumat (24/10/2014), setelah tinggal di berbagai kota, ayahnya memutuskan untuk pindah ke Iowa.

Kesenian ini dimulai Andrew sejak usianya masih tiga tahun. Saat itu, ia mengikuti liburan musim panas dengan teman-teman sekolahnya. Andrew secara naluriah mengambil pasir yang memiliki warna berbeda di kawasan Pikes Peak State Park.

Seniman kelahiran 1856 itu memisahkan pasir-pasir yang dikumpulkannya dan menggunakan mereka untuk membentuk gambarnya. Awalnya ia memasukkan pasir pada botol kaca kecil yang biasanya digunakan untuk menempatkan kait pemancing.

Untuk membuat satu karya, Andrew bisa menghabiskan waktu hingga satu tahun karena memang sangat rumit. Belum lagi jika ia membuat karya dengan gambar terbalik, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama lagi. Namun kerja kerasnya tak percuma. Karya Andrew dipamerkan di beberapa museum dan pameran. Ia mulai mendapat banyak konsumen yang dulu cukup membeli karyanya seharga USD 5-7 (Rp 60-83 ribuan).

Kini, karya Andrew sudah dibanderol seharga ribuan dollar bahkan salah satunya ditawarkan hingga Rp 272 Juta. Sayangnya, tak banyak karya Andrew yang masih bertahan hingga saat ini. Meski seni yang ditekuni Andrew banyak diminati orang di era ini, tak ada seniman yang benar-benar memiliki keakuratan setinggi Andrew. Andrew akhirnya dipercaya menjadi penemu sekaligus satu-satunya praktisi seni menghias botol kaca dengan pasir. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak