Don't be Captious

spot_img

Cara mengatasi memori HP Android penuh padahal aplikasi sedikit

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Cara mengatasi memori HP Android penuh sering kali menjadi masalah yang mengganggu pengguna smartphone. Banyak dari kita mengalami situasi di mana ponsel pintar kita terus memberi peringatan bahwa memori sudah penuh, meskipun aplikasi yang terinstal tidak terlalu banyak.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari file sementara yang menumpuk, penggunaan media penyimpanan yang besar, hingga cache yang menumpuk dari penggunaan aplikasi sehari-hari. Ketika memori penuh, kinerja ponsel bisa terganggu, menyebabkan lambatnya respons sistem, sulitnya mengunduh atau menginstal aplikasi baru, bahkan sampai pada masalah crash atau kelambatan saat menjalankan aplikasi yang sudah ada.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil tanpa harus menghapus banyak aplikasi. Berikut adalah panduan lengkapnya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Panas Saat di Charge

1. Manfaatkan penyimpanan online atau backup ke PC

Cara mengatasi memori HP Android penuh yang pertama adalah memanfaatkan penyimpanan online. Penyimpanan online adalah pilihan terbaik untuk dengan mudah menyimpan data kamu dan mengaksesnya kapan pun diperlukan. Selain itu, ini adalah opsi yang paling aman. Kamu mungkin kehilangan atau merusak ponsel kamu atau data SD yang rusak.

Dengan file yang diunggah, kamu bisa memastikan bahwa file tersebut akan tetap ada esok hari: aman dan dapat diakses. Android menyediakan Google Photos yang menawarkan penyimpanan foto tanpa batas. Untuk jenis file lain, kamu bisa memilih antara Dropbox, One Drive, Google Drive, MEGA, dan banyak lainnya.

Pilihan yang layak adalah backup data ke PC. Memang, kamu tidak akan bisa mengaksesnya saat bepergian, tetapi ingatlah, ini akan memberi kamu lebih banyak ruang untuk foto, video, dan file multimedia baru.

2. Cek file yang memakan ruang penyimpanan besar di HP Android

HP Android memiliki alat penyimpanan bawaan yang akan memberi kamu informasi tentang semua ruang penyimpanan kamu. Ini cukup baik untuk membersihkan kapasitas ruang penyimpanan tetapi tidak akan menampilkan semua detail.

Ada sisa-sisa aplikasi yang tidak terinstal dan file yang tidak diperlukan atau diduplikasi. Banyak OEM menawarkan berbagai jenis pembersih untuk menangani ini biasanya terintegrasi ke dalam Manajer File bawaan. Di sisi lain, kamu juga dapat beralih ke aplikasi pihak ketiga, seperti Files by Google (Play Store), SD Maid, dan aplikasi serupa.

Selain itu, kamu mungkin ingin menghapus aplikasi yang jarang digunakan dan memberikan lebih banyak ruang penyimpanan. Mungkin ada beberapa aplikasi di perangkat kamu yang tidak terlalu berguna; menghapusnya akan menjadi ide bagus. Ingatlah bahwa kamu dapat menginstalnya dari Google Play Store dalam hitungan menit jika butuh.

3. Gunakan kartu SD yang dijadikan penyimpanan utama di HP Android

Kamu dapat menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan eksternal untuk file multimedia. Kamu selalu dapat menggunakan kartu SD untuk mentransfer musik, video, dan foto untuk mengosongkan sebagian ruang dari penyimpanan internal.

Tetapi bagaimana jika kamu dapat membuat HP Android membaca kartu SD sebagai penyimpanan utama di internal? Setelah Android 6.0 Marshmallow, kamu bisa mengatur kartu SD Anda sebagai penyimpanan internal.

Meskipun cara ini akan menciptakan lebih banyak ruang untuk aplikasi, ada beberapa kekurangan. Pertama, kartu SD kamu kemungkinan akan lebih lambat daripada penyimpanan internal standar. Kedua, setelah diformat, kartu SD tidak dapat diakses dari perangkat lain. Selain itu, karena sistem akan membacanya sebagai memori internal daripada eksternal, sebaiknya tidak dilepas.

Untuk melakukannya, ikuti instruksi berikut:

  1. Masukkan kartu SD.
  2. Ketuk Atur.
  3. Pilih Gunakan sebagai penyimpanan internal.
  4. Kartu akan diformat dan semua datanya akan hilang.
  5. Pilih Pindahkan sekarang atau Pindahkan nanti.

Ingatlah bahwa kamu dapat mengubah kembali SD ke penyimpanan eksternal atau memindahkan file kapan pun. Ini dapat dilakukan dengan mengakses Pengaturan > Penyimpanan dan USB > Ketuk nama kartu > Pengaturan.

BACA JUGA: 3 Tips Penting Agar Data di Smartphone Android Kamu Selalu Aman dari Hacker

4. Hapus cache aplikasi

Cara mengatasi memori HP Android penuh berikutnya yakni hapus cache aplikasi. Jangan heran jika kamu melihat aplikasi berukuran 100 MB memakan ruang penyimpanan 1 GB setelah beberapa waktu.

Hal ini disebabkan oleh aplikasi, cache, dan data aplikasi yang semuanya disatukan dalam jumlah tersebut. Misalnya, jika kamu menggunakan WhatsApp dan mengirim foto ke teman-teman, semua foto akan disimpan dalam folder data aplikasi tersebut. Hal ini terjadi jika kamu memilih untuk menyimpan file media dengan mengatur WhatsApp di pengaturan aplikasi.

Belum lagi bahwa Facebook menyimpan cache lokal dan file-file aplikasi ini memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi, membersihkan cache dan data sekali-sekali dapat membebaskan banyak ruang penyimpanan internal.

Untuk melakukannya, ikuti instruksi berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Aplikasi & pemberitahuan.
  3. Perluas Semua aplikasi.
  4. Pada daftar, temukan semua aplikasi yang berukuran besar dan buka satu per satu.
  5. Ketuk Penyimpanan.
  6. Bersihkan cache. Kamu juga dapat membersihkan data dari aplikasi. Pastikan untuk mencadangkan file terkait seperti foto yang diterima dan kredensial masuk.

5. Reset ke pengaturan pabrik

Terakhir, cara mengatasi memori HP Android penuh, disarankan untuk mereset ulang perangkat kamu ke pengaturan pabrik. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan cermat, untuk menghindari kehilangan data. Cadangkan segalanya sebelum melakukan reset data pabrik karena prosedur ini akan menghapus semua file dari penyimpanan internal.

Latest article