STORY: Misteri Penemuan Tjipetir Asal Sukabumi yang Hebohkan Eropa


Akhir-akhir ini, publik tengah dihebohkan dengan penemuan lempengan Tjipetir asal Sukabumi, Indonesia di beberapa pantai pantai di utara Eropa dan Inggris. Gegernya berita ini dimulai saat pria bernama Tracey Williams menemukan lempengan karet mentah seukuran laptop ini pada 2012 di pantai Wales, Shetland, Kep. Channel, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, hingga Denmark.

Tanpa pikir panjang, Tracey mengupload barang temuannya di Facebook fan page yang diberi nama ‘Tjipetir Mystery’. Hal ini pun sontak menjadi viral bagi para netizen di dunia maya. Banyak orang yang penasaran dan mencari tahu asal muasal Tjipetir.

Segelintir orang menduga bahwa benda ini adalah bagian dari muatan kapal Titanic yang tenggelam. Setelah diselidiki, ternyata Tjipetir adalah sebuah perkebunan karet di Sukabumi, Jawa Barat. Hasil ini di perkuat dengan sebuah foto diduga diambil sekitar tahun 1894-1929. Pada foto tersebut, tampak seorang bocah laki-laki anak kecil yang diklaim adalah orang Indonesia.

Tak sampai disitu saja, Tracey juga melakukan penelitian dari mana asal usul benda itu bisa sampai ke negara eropa. Diyakini Tracey, balok-balok ini bisa tiba di Eropa lantaran dibawa oleh kapal kargo jepang Miyazaki Maru.

Kapa itu tenggelam akibat disebabkan kapal selam jerman U-88 di perairan 241 kilometer sebelah barat Kepulauan Scilly, pada saat melakukan pelayaran dari Yokohama, Jepang menuju London Inggris.

Tracey mengatakan, kemungkinan ketika Miyazaki Maru tenggelam, semua muatannya jatuh ke lautan. “Saya memeriksa data manifestnya dan ditemukan adanya benda yang berasal dari gutta-percha,” ujar Tracey

“Dua sumberku mengatakan, dari kapal itu lah benda-benda misterius itu berasal. Aku mendapatkan bukti yang mendukung teori itu,” sambung Tracey.

Lebih lanjut Tracey menuturkan, bisa saja balok Tjipetir dibawa oleh lebih dari satu kapal. “Mungkin ada yang berasal dari bangkai kapal yang karam di masa Perang Dunia I. Dan bisa jadi ada yang berasal dari Titanic. Entahlah…” seperti dilansir BBC, Jumat (05/12/2014)

Tak hanya pernyataan dari Tracey Williams, seorang petugas kapal bernama Alison Kentuck pun meyakini bahwa balok-balok itu berasal dari Miyazaki Maru. “Meski belum terkonfirmasi, Miyazaki Maru adalah ‘tersangka utama’ dari mana balok misterius itu berasal.” kata Alison

“Sebuah media Prancis memuat artikel soal itu dan melaporkan bahwa Titanic membawa muatan gutta-percha. Aku mengecek data manifes kapal. Memang kapal itu membawa gutta-percha dan karet. Namun, tak ada kaitannya dengan Tjipetir. Selebihnya (soal kaitan Tjipetir dengan Titanic) lebih merupakan spekulasi media.” timpalnya.

Sekedar informsi, lempeng Tjipetir diproduksi oleh Gutta Percha Tjipetir yang berlokasi Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Dulunya, balok-balok ini dipakai sebagai bahan selang pemadam kebakaran, bola golf, dan hidung boneka Teddy Bear.

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak