‘Kiamat Internet’ 30 Juni, Satu Hari Lebih 24 Jam


Tanpa disadari oleh manusia, putaran bumi pada porosnya (rotasi) semakin melambat tiap 100 tahun. Hal itu ternyata dapat menyebabkan kiamat internet kecil di pertengahan tahun nanti.

Kelompok ilmuwan yang mengatur ketepatan waktu di bumi, Paris Observatory dan International Earth Rotation Service (IERS), telah memutuskan untuk menambah satu detik di tahun 2015, tepatnya tanggal 30 Juni, sehingga tanggal 30 Juni nanti yang jatuh pada hari Selasa akan memiliki waktu selama 24 jam lebih sedetik dalam satu hari. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan waktu pada jam atom tetap sesuai dengan dengan waktu rotasi bumi, yang melambat sekitar 1 per 2.000 detik tiap harinya. Penambahan satu detik ke dalam satu hari itu dinamakan detik kabisat atau leap second.

Jam atom — yang diketahui punya keakuratan tinggi 10 pangkat 9 detik per hari dan tidak akan berubah hingga ribuan tahun itu — digunakan untuk menetapkan waktu di Bumi. Meski perputaran Bumi dalam sumbunya melambat, jam atom terus bergerak konstan. Memang, ini bukan perkara gawat, namun kondisi semacam itu akan membuat jam atom tak sinkron dengan rotasi Bumi. Di titik ekstrem, instrumen itu bisa-bisa menunjukkan waktu siang bolong saat langit gelap. Atau setidaknya pada tahun 2700, 1 hari di Bumi menjadi 24,5 jam — bukan 24 jam seperti seharusnya.

Lalu seperti apa kiamat internet kecil yang dikabarkan bakal terjadi tanggal 30 Juni nanti?

Penambahan waktu meski satu detik saja tercatat dapat menyebabkan bencana pada server internet di dunia. Situs-situs di dunia bisa mengalami crash atau down secara bersamaan karena harus beradaptasi dengan penambahan waktu tadi. Dilansir dari Daily Mail, Rabu (14/1/2015), penambahan satu detik di 30 Juni nanti bisa membuat website di dunia offline jika masalah server yang timbul tidak segera diatasi.

Kiamat kecil ini sebelumnya pernah terjadi di tahun 2012. Saat itu, situs-situs besar seperti Reddit dan LinkedIn dilaporkan mengalami crash besar-besaran akibat tidak mampu beradaptasi dengan waktu baru bumi. Seperti dikutip dari situs Wired, Reddit mengalami gangguan selama 1,5 jam.

Guna menghindari kiamat internet yang sama di tahun 2012 atau 2015 yang akan datang, pemerintah dunia nampaknya akan memutuskan untuk menghapus praktik penambahan waktu bumi. Jika benar penambahan waktu itu dihilangkan, kiamat internet kecil tahun 2015 ini dipastikan adalah yang terakhir. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak