Kata Bijak Bob Sadino yang Menampar Kaum Muda

“Orang pinter kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satupun yang jadi kenyataan. Orang goblok guma punya 1 ide dan itu jadi kenyataan.” begitu kata Bob Sadino yang baru saja berpulang ke pangkuan Sang Pencipta.

Kata-kata itu setidaknya ‘menampar’ para pengusaha, juga termasuk anak muda. Pesan utamanya bahwa kita harus fokus pada satu ide yang sederhana tapi direalisasikan secara tekun dibanding kebanyakan ide atau keinginan tapi tidak berjalan.

Bob Sadino yang dikenal sebagai pengusaha nyentrik dengan ciri khas memakai celana jins digulung sedikit ini telah meninggal dunia pada Senin 19 Januari 2015 kemarin, pada usia ke 75, setelah dirawat selama 2 minggu karena komplikasi sejumlah penyakit.

Meski sudah tiada, ada banyak kata bijak yang bisa menjadi inspirasi bagi para pengusaha, terutama bagi mereka yang masih muda dan ingin memulai perjuangan. Berikut kata-kata bijak Bob Sadino.

1. Realisasikan ide secara maksimal

“Sebenarnya, setiap orang itu memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saha yang menjadi kendala adalah impian-impiannya itu tidak pernah dicoba untuk direalisasikan. Ada pepatah bijak mengatakan, â??Ide-ide kecil yang terlaksana lebih baik dari ide-ide besar tapi belum diungkapkan.â?

2. Harus berani memulai

“Sebagian orang mungkin merasa bahwa bisnis itu adalah dunia yang bebas, tidak menentu pendapatannya sehingga takut untuk terjun ke dalamnya. Ini yang menjadi penghambat seseorang untuk bisa memulai bisnisnya.

3. Jangan terlalu banyak analisis

“Sebagian orang mungkin merasa bahwa jika mencoba berbisnis mereka tidak akan mendapat pendapatan yang pasti seperti orang-oang kantoran atau takut rugi jika bisnisnya gagal. Justru inilah yang menghambat, kuncinya adalah JUST DO IT! Urusan hasil tergantung dari kerja keras dan usaha kita.

4. Jangan ingin serba instan

“Fenomena masyarakat kita yang memiliki antusiasme besar terhadap acara seperti Indonesia Idol atau reality show yang berbau pencarian bakat menunjukkan bahwa masih banyaknya orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instan. Padahal sesuatu yang didapatkan dengan mudah akan menghilang dengan cara yang mudah juga dan tentu ini tidak akan membentuk karakter manusia yang tangguh.

5. Bermimpi besar

“Kita lihat dari film Sang Pemimpi bahwa kekuatan mimpi itu bisa menjadi pembakar semangat kita untuk meraih cita-cita. Ketiga sahabat itu memiliki mimpi besar untuk bisa melanjutkan studi hingga ke luar negeri dan akhirnya tercapai. Bill Gates, diawal karirnya pernah bermimpi bahwa setiap rumah akan memiliki komputer dan kini terbukti”

6. Jangan terpaku pada pendidikan

“Tidak jarang fenomena masyarakat kita yang bisa menjadi sukses tanpa melihat latar belakang penddikannya. Lihat saja Sujiwo tejo, dengan latar belakang pendidikan matematika kini ia malah menjadi seniman. Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan.”

7. Berpikir Positif

“Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali percobaan tetapi masih gagal. Beliau berkata, â??Akuberhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu.â? Ini menunjukkan kekuatan berpikir postif akan memudahkan langkah kita.”

8. Bekerja sama

“Manusia adalah makhluk sosial sehingga tidak bisa bekerja sendirian. Manusia saling membutuhkan, bohong besar jika ada orang yang meng-klaim dirinya sukses atas usahanya sendiri, pasti di dalam kesuksesannya terdapat orang-orang yang membantu dia, baik secara langsung maupun tidak langsung.”

9. Tahu tentang kewirausahaan

Kita ingin â??berperangâ? tetapi tidak mengetahui siapa musuh kita, itu merupakan kesalahan besar. Jika kita ingin memasarkan produk kita, tentu kita harus tahu pasar. Jangan sampai setelah terjun ke lapangan kita mengalami kelabakan karena tidak hapal medan.”

10. Fokus

“Mungkin karena sifat ingin terburu-buru ingin kaya, kita mengambil spesialisasi bisnis terlalu banyak sehingga hasilnya pun tidak maksimal karena tidak bisa dijalani secara fokus. Akibatnya konsentrasi terpecah, masih mending jika usahanya sukses, tetapi bagaimana jika keduanya gagal?”

11. Peduli konsumen

“Pembeli adalah raja. Bob sadino ini adalah orang yang selalu memerhatikan konsumennya. Caci maki dari seorang pembantu rumah tangga ia jadikan masukan bagi manajemen pemasarannya. Ia menjadikan keluahan konsumen sebagai masukan dan langkah perbaikan ke depannya.”

12. Utamakan kualitas

“Beliau sangat memerhatikan kualitas barang yang akan dijual. Beliau tidak ingin mengecewakan konsumen dengan barang yang rusak atau cacat.”

13. Kerjakan semua dengan tuntas

“Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai suatu usaha maka kerjakanlah dengan serius. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis.”

14. Pandai menempatkan prioritas

“Urutan kerja diurut berdasarkan prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir.”

15. Kerja keras dan kerja cerdas

“Banyak orang yang merasa telah bekerja keras namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Misal saja mahasiswa tingkat akhir yang mengejar kelulusan di bulan Juli ini, walaupun ia tergolong mahasiswa yang memiliki IPK di atas arata-rata, bagaimana jika ia lupa memperhitungkan jumlah SKS nya? Mungkin saja ia tidak jadi lulus Juli karena kurang 1 SKS saja. Ia lupa bekerja cerdas, lupa strategi.”

16. Tidak mencampuradukkan uang pribadi dan perusahaan

“Hal ini bisa memacu tindakan korupsi, walaupun dalam jumlah yang kecil. Uang perusahaan bisa saja tercampur dengan uang pribadi karena terdapat keteledoran dalam hal pencatatan keuangan. Sebainya rekeningnya dipisah, untuk memudahkan pengaturan keuangan juga.”

17. Jangan menyerah

“Kegagalan adalah bumbu kehidupan, kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia tangguh.”

18. Selalu melibatkan Allah dalam setiap aktivitas

“Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita akan bernilai ibadah.”

19. Berperilaku baik

“Inilah mata uang yang berlaku dimana saja. Dengan perilaku yang baik, masyarakat akan menaruh kepercayaan kepada kita sehingga orang-orang akan percaya akan kredibilitas kita. Kita pun bisa dengan mudah masuk dalam lingkungan masyarakat.”

20. Harus Mempunyai Kemauan

“Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat, dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.” (rei)

Written by Admin Post

I am not just a blogger, I am a professional procrastinator with a knack for oversharing. My hobbies include drinking coffee, taking pictures of my food, and pretending I have my life together.

Evolusi Musik Linkin Park dari Album Pertama Sampai Terakhir

Berlayar dengan Perahu Kertas Raksasa