Comic Sans, Font yang Dibenci


Tentu saja dibanding Times New Roman, Comic Sans kalah tenar. Namun demikian kemunculan Comic Sans menyulut kontroversi, terkait adanya kampanye untuk melarang bahkan menghapus font tersebut. Ada apa dengan font Comic Sans?

Comic Sans dibuat oleh Vincent Connare pada tahun 1994. Pada mulanya font ini didesain untuk digunakan bagi Microsoft Bob. Font ini dibuat berdasarkan gaya huruf buku komik miliknya yang ada di kantornya, seperti Watchmen dan The Dark Knight Returns. Pada awalnya memang font itu tidak dirilis untuk penggunaan umum dan hanya dibuat untuk digunakan pada dialog bubble seperti pada komik di MS Bob.

Namun font ini kemudian berkembang menjadi font standar untuk versi OEM Windows 95. Dan akhirnya, Comic Sans menjadi salah satu font default untuk Microsoft Publisher dan Microsoft Internet Explorer. Comic Sans juga digunakan pada Microsoft Comic Chat, yang dirilis pada tahun 1996 dengan Internet Explorer 3.0.

Kampanye “Ban Comic Sans” dimulai pada tahun 1999 oleh Dave and Holly Crumbs, yang keduanya berprofesi sama sebagai desainer grafis. Keduanya memulai kampanye itu dari website bancomicans.com, dan bahkan T-shirt, mug dan stiker. Pada perkembangannya, aksi tersebut ternyata mendapat banyak simpati dan dukungan dari berbagai penjuru dunia. Berbagai komunitas yang mendukung kampanye tersebut pun bermunculan dan bersatu untuk mendukung “Ban Comic Sans”.

Salah satu alasan utama Comic Sans menjadi sasaran kebencian tersebut adalah penggunaannya yang sudah luas, terutama ketika berhadapan dengan hal-hal yang serius atau formal. Sementara Comic Sans didesain untuk anak-anak atau desain yang berhubungan dengan buku komik atau kartun, tentu saja tidak cukup pantas dalam penggunaan kerja bisnis atau profesional. Comic Sans juga tidak cocok untuk digunakan dalam konten teks kecuali hanya digunakan kutipan singkat (seperti dalam sebuah buku komik).

Tapi Comic Sans telah banyak disalahgunakan secara sembarangan dan tidak pada tempatnya. Misalnya penyalahgunaan Comic Sans pada media, periklanan, dan desain. Banyak orang menggunakan juga menggunakan Comic Sans pada memo atau surat pada perusahaan, sistem penanda, dan desain komunikasi perusahaan yang seharusnya menggunakan font yang formal. (reff: bbc.co.uk/ill: geofffox.com).

Sumber:berandakata.blogspot.com


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak