Unik, Domba Jadi Pemancar Wi-Fi


Internet sudah mulai jadi kebutuhan primer bagi warga kota yang ingin segalanya serba instan dan praktis. Tak hanya orang dewasa saja yang butuh internet, anak-anak pun butuh internet untuk menyelesaikan tugas-tugas dari sekolahnya. Sayangnya, sinyal internet tidak bisa dinikmati warga yang tinggal di daerah terpencil.

Untungnya, orang yang tinggal di pedesaan Inggris kini tak perlu lagi kesulitan cari sinyal Wi-Fi. Pasalnya, tim peneliti dari Lancaster University, Inggris, punya ide brilian sekaligus cukup unik untuk mengatasi kesulitan mendapatkan sinyal internet di daerah pedesaan. Caranya adalah dengan menggunakan domba. Mereka berencana untuk mengubah domba-domba yang banyak ada di pedesaan menjadi pemancar Wi-Fi.

Profesor Gordon Blair dan timnya sedang melakukan uji coba untuk sebuah proyek yang mereka harapkan dapat mempelopori proyek â??Internet of Thingsâ? (IoT project). Mereka berencana untuk memasangkan kalung pada domba-domba untuk memonitor pergerakannya, dan memasang sensor ditepian sungai untuk mengukur tingkat erosi.

Mereka berharap dapat memperoleh informasi berharga mengenai daerah pedesaan. Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan kalung-kalung yang terpasang dapat digunakan sebagai pemancar Wi-Fi. Kalung itu bisa mengirim data sejauh 5 kilometer, dan dapat menjadi pemancar Wi-Fi darurat bagi orang yang tersesat.

â??Daerah pedesaan memiliki masalah mulai dari perubahan lingkungan yang hampir tidak kentara sampai banjir yang berdampak besar, â?? kata Profesor Blair, seperti dikutip dari Metro, Selasa (17/2/2015).

Harapannya, para peneliti akan bisa mendapat informasi berharga mengenai daerah pedesaan. “Daerah pedesaan memiliki masalah mulai dari perubahan lingkungan yang hampir tidak kentara sampai banjir yang berdampak besar,” ujar Profesor Blair.

Sejauh ini, daerah perkotaan telah menggunakan teknologi tersebut. Penggunaannya antara lain untuk mengatur lalu lintas, memantau kadar pencemaran udara, bahkan untuk mencari tempat parkir. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak