Don't be Captious

Penjelasan Ilmiah Dress Hitam Biru dan Putih Emas

Alfath
Alfath
Journalist at Weekend @jdbrta

Sebuah dress dengan kombinasi dua warna memicu keriuhan di media sosial dan menjadi berita berskala internasional. Warna dress itu dilihat berbeda oleh sejumlah netizen menjadi dua versi. Pihak yang satu mengira dress itu berwarna biru dan hitam. Tapi kubu lain meyakini bahwa pakaian wanita itu merupakan perpaduan warga putih dan emas.

Pemilik akun Tumblr, Swiked menjadi biang keladi dari semua ini. Ia menggunggah foto sebuah dress pada Rabu (25/02/2015) yang kemudian menjadi perdebatan kelas internasional.

Seperti dilansir oleh situs nytimes, Jumat (27/2/2015) diperoleh penjelasan bahwa pada dasarnya cahaya matahari yang mempengaruhi seseorang melihat warna pada dress tersebut. Mekanisme penglihatan manusia ternyata tidak sama.

Sejatinya otak manusia akan memperoleh persepsi tentang warna yang dilihat oleh mata berdasarkan panjang gelombang cahaya yang diterima oleh retina. Jay Neitz, ahli saraf dari University of Washington mengatakan jika akibat cahaya yang berlebih, manusia terkadang salah menentukan warna yang ia lihat. Satu individu bisa menangkap warna berbeda dengan individu lain akibat iluminasi cahaya tersebut.

the-dress

the-dress2

Jadi warna gaun tersebut sebenarnya adalah, hitam dan biru

kelz6hbf9fqlnqwlot7a

Latest article