Sikap Positif yang Bisa Diambil dari Lebah


Lebah adalah binatang mungil yang memberikan banyak manfaat bagi manusia. Mereka memproduksi madu yg bisa kita manfaatkan bagi kesehatan, selain itu propolis lebah pun tidak kalah bermanfaatnya untuk manusia. Namun selain memberikan manfaat kesehatan, banyak juga sifat dan sikap baik lebah yang bisa kita ambil sebagai contoh, agar menjadi manusia dengan pribadi yang lebih baik. Berikut 5 sikap positif yang bisa diambil dari lebah, dikutip dari Kaskus, Rabu (8/4/2015).

1. Cinta Kebersihan

Sarang lebah di pohon (Kaskus)
Sarang lebah di pohon (Kaskus)

Lebah adalah hewan yang bersih dan cinta akan kebersihan. Di antara kebersihan yang ditunjukkan lebah adalah tempat dia memilih sarang. Sarang lebah dibuat di bukit-bukit, di pohon-pohon atau tempat-tempat yang tinggi. Semua tempat di atas adalah tempat yang bersih, dan jauh dari polusi. Lebah tidak pernah bersarang di tanah, atau tempat yang kotor lainnya. Begitulah pola hidup yang mesti dicontoh oleh semua manusia, yaitu mencintai cara hidup yang bersih. Baik bersih secara fisik maupun secara mental.

2. Tidak Mengambil yang Bukan Haknya

Lebah dan madu (Kaskus)
Lebah dan madu (Kaskus)

Lebah hanya menghisap saripati bunga. Ia hanya mengambil yang inti dan membiarkan yang lain. Lebah tahu, yang menjadi kebutuhannya hanyalah saripati, bukan yang lainnya. Ini mengajarkan bahwa setiap manusia harus mengambil sesuatu yang baik dan halal. Sebab, mengambil hak yang lain hukumnya adalah haram.

3. Tidak Merusak

Lebah mendekati bunga (Kaskus)
Lebah mendekati bunga (Kaskus)

Lebah tidak merusak. Di mana pun dia hinggap, tak ada tangkai daun ataupun ranting pohon yang patah. Betapa santunnya hewan kecil ini hingga dalam bergaul dia tidak menyakiti siapa pun dan senantiasa menjaga kedamaian dalam setiap suasana. Lebah senantiasa memegang prinsip ketenteraman dalam pergaulan. Sifat baik tersebut sudah sepatutnya kita tiru.

4. Memiliki Harga Diri

Lebah di kulit manusia (Kaskus)
Lebah di kulit manusia (Kaskus)

Lebah punya harga diri. Ia tidak akan pernah mengganggu orang lain selama kehormatan dan harga dirinya dihormati. Namun, bila harga dirinya dizalimi, ia akan siap â??menyengatâ?? pengganggunya. Karena itu, setiap manusia harus senantiasa mampu menjaga kehormatan dirinya. Tidak menjadi pembuat onar, namun selalu siap membela diri jika diganggu ketentramannya.

5. Hanya Mengeluarkan Hal yang Baik dan Bermanfaat

Lebah memproduksi madu (Kaskus)
Lebah memproduksi madu (Kaskus)

Karena lebah hanya mengkonsumsi yang baik-baik, dengan cara yang baik pula, maka lebah hanya mengeluarkan sesuatu yang bersih dari dalam tubuhnya, yaitu madu. Madu berasal dari perut lebah dan mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Setiap manusia pun harus menjaga semua ucapannya karena ucapan yang tidak dijaga dapat menimbulkan sakit hati, komentar yag tidak sesuai dengan yang sebenarnya terjadi akan jadi fitnah, jadi seharusnya tidak ada satupun perkataan yang keluar kecuali perkataan yang baik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
18
Love
OMG OMG
117
OMG
Yaelah Yaelah
43
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
59
Ngakak