5 Hewan yang Terbukti Jenius


Simpanse adalah hewan yang dipercaya mempunyai kecerdasan yang mendekati manusia. Jenis kera ini juga diketahui cukup jenius, salah satu buktinya adalah mampu membuat alat-alat sederhana untuk mencari makan. Cukup mirip dengan yang dilakukan manusia purba. Ternyata bukan hanya simpanse saja yang mempunyai kejeniusan di luar perkiraan manusia. Dilansir dari Merdekacom, Selasa (28/4/2015), berikut adalah 5 hewan yang terbukti jenius.

1. Kadal

Kadal
Kadal

Di Australia, ada sebuah spesies kadal unik bernama Pogona vitticeps. Kadal ‘naga’ ini suka memakan serangga, salah satunya adalah semut. Menariknya, menurut penelitian kebun binatang Taronga, kadal ini berbakat memainkan game bernama “Ant Smasher”. Sebuah game ponsel sederhana ini mengharuskan pemainnya menangkap semut sebanyak-banyaknya dengan cara mengetuk setiap semut yang muncul di layar smartphone. Saat kadal Pogona dihadapkan ke layar yang menampilkan game “Ant Smasher”, dengan gesit dia menjulurkan lidahnya ke layar dan mengenai semut ‘digital’ di game itu. Tidak salah bila Peter Harlow, manajer kebun binatang Taronga mengatakan bila kadal Pogona salah satu gamer terbaik dengan bakat alami.

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba
Lumba-lumba

Bukan hanya manusia saja yang menyukai mainan, lumba-lumba pun sama. Bedanya, lumba-lumba bisa membuat mainan mereka sendiri. Berdasarkan penelitian Dr. Ken Marten, lumba-lumba diketahui bisa membuat cincin-cincin kecil yang bersinar untuk dimainkan. Untuk membuatnya, lumba-lumba menggerakkan siripnya hingga muncul pusaran air kecil, di tengah pusaran air itu lumba-lumba menembakkan gelembung dari lubang pernapasan yang ada di atas kepala mereka. Jadilah, pusaran-pusaran air kecil berisi gelembung yang akan bersinar bila terkena cahaya.

3. Ular

Ular
Ular

Pusat penelitian gempa bumi Nanning di Guangxi, Tiongkok, mempunyai cara unik untuk mengetahui datangnya gempa bumi. Mereka memasang kamera CCTV yang beroperasi 24 di sebuah peternakan ular konsumsi. Menurut ilmuwan Nanning, ular memiliki perilaku unik menjelang datangnya gempa, yakni keluar sarang. Sekitar 5 hari sebelum gempa, ular-ular akan keluar sarang meskipun itu musim dingin.

4. Paus pembunuh

Paus pembunuh
Paus pembunuh

Di beberapa pusat penangkaran hewan laut di Amerika, paus pembunuh biasanya akan ditempatkan dekat dengan lumba-lumba hidung botol. Menariknya, setelah beberapa tahun, paus pembunuh atau yang kerap disebut ‘orca’ itu lebih sering memakai bahasa lumba-lumba untuk berkomunikasi dengan sesama. Awalnya, bahasa orca terdiri dari gabungan bunyi klik, siulan, dan gelombang suara. Sementara bahasa lumba-lumba hanya terdiri dari bunyi klik dan siulan.

5. Paus bungkuk

Paus bungkuk
Paus bungkuk

Bukan hanya paus pembunuh saja yang masuk kategori jenius, paus bungkuk raksasa pun juga. Paus yang bisa memiliki panjang 14 meter itu bisa berburu secara kelompok dengan sangat rapi. Beberapa paus bungkuk biasanya akan berburu secara kelompok dan mencari gerombolan ikan kecil dalam jumlah besar. Lalu, mereka akan mengelilingi ikan-ikan itu dan mengeluarkan gelombang suara unik yang bisa mengagetkan ikan. Seekor paus bungkuk kemudian bertugas menyemburkan gelembung-gelembung yang akan menggiring ikan-ikan kecil itu ke satu titik, layaknya sebuah jala. Kemudian satu per satu paus akan mengambil giliran berenang ke pusat kerumunan ikan dan makan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak