5 Kota Tertua Dunia yang Masih Ada dan Tetap Dihuni


Biasanya sebuah kota kuno di masa kini sudah tinggal puing-puing, namun ternyata ada kota kuno yang masih berdiri hingga kini, bahkan masih dihuni. Dilansir dari Amusingplanet, Rabu (29/3/2015), berikut adalah 5 kota tertua dunia yang masih ada dan tetap dihuni hingga kini.

1. Damaskus, Suriah (Dihuni Sejak 6300 SM)

Damaskus (Kaskus)
Damaskus (Kaskus)

Damaskus adalah ibu kota dan kota terbesar kedua di Suriah. Selain menjadi salah satu yang tertua kota terus dihuni di dunia, Damaskus juga merupakan pusat budaya dan agama utama dari Levant. Damaskus sering diklaim sebagai kota tertua di dunia yang terus dihuni dan ada bukti dari sebuah pemukiman luas di Barada basin yang diperkirakan berumur 9 ribu tahun. Ada juga bukti yang menunjukkan tempat ini telah ditempati sejak paruh kedua milenium ketujuh SM, mungkin sekitar 6300 SM.

2. Byblos, Lebanon (Dihuni Sejak 5000 SM)

Byblos (Kaskus)
Byblos (Kaskus)

Kota ini diyakini telah didirikan sekitar 5000 SM. Kota ini dibangun oleh Cronus sebagai kota pertama di Phoenicia. Byblos terletak di pantai Mediterania, sekitar 26 mil (42 kilometer) utara Beirut. Sisa rumah yang masih asli di kota ini dapat dilihat dari bentuknya yang seragam.

3. Athena, Yunani (Dihuni Sejak 5000 SM)

Athena (Kaskus)
Athena (Kaskus)

Athena adalah ibu kota dan kota terbesar di Yunani. Athena mendominasi wilayah Attica dan merupakan salah satu kota tertua di dunia, dengan rentang sejarah selama 3.400 tahun. Kota ini pernah dikenal sebagai kota yang kuat, karena merupakan pusat dari seni dan filsafat, serta terdapat pula Akademi Platonik yang didirikan oleh Plato serta Lyceum yang dibangun oleh Aristoteles. Kota ini juga dianggap sebagai tempat kelahiran peradaban Barat dan tempat lahirnya demokrasi.

4. Al Fayyum, Mesir (Dihuni Sejak 4000 SM)

Al Fayyum (Kaskus)
Al Fayyum (Kaskus)

Al Fayyum adalah sebuah kota di Mesir Tengah, yang terletak 130 km sebelah barat daya dari Kairo. Didirikan sekitar 4000 SM, kota ini adalah kota tertua di Mesir dan salah satu kota tertua di Afrika. Kota ini menyembah buaya suci, bernama Petsuchos, yang dihiasi dengan emas dan permata. Buaya tersebut hidup di sebuah kuil khusus, dengan pasir, kolam dan makanan. Ketika Petsuchos mati, maka ia akan digantikan oleh buaya yang lain.

5. Delhi, India (Dihuni Sejak 3500 SM)

Delhi (Kaskus)
Delhi (Kaskus)

Delhi adalah kota terbesar dan metropolis terpadat kedua di India, dan 8 kota metropolis terpadat di dunia. Delhi memiliki sejarah panjang, termasuk sejarah sebagai ibukota beberapa kerajaan. Delhi diketahui telah terus dihuni sejak setidaknya abad ke-6 SM, meskipun tempat tinggal manusia diyakini telah ada sejak beberapa ribu SM. Delhi diperkirakan umurnya mendekati umur 5000 tahun sesuai teks India kuno “The Mahabharata”. Delhi secara luas diyakini telah menjadi tempat Indraprastha, ibukota legendaris Pandawa selama masa Mahabharata, yang didirikan sekitar 3500 SM. (tom)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak