Teknologi Canggih Kursi Roda Bisa Naik Turun Tangga Sendiri


Scalevo (YouTube)

Penggunaan kursi roda bagi penyandang cacat sangat diperlukan, karena bisa mempermudah pergerakan mereka. Sayangnya kursi roda yang kita tahu selama ini masih memberikan penggunanya kesulitan saat akan melewati tangga. Kini pengguna kursi roda bisa lebih tenang, karena diciptakan kursi roda yang bisa naik turun tangga sendiri.

Nama kursi roda itu adalah Scalevo. Menurut situs resminya yang dikutip JadiBerita, Scalevo diciptakan oleh 10 orang mahasiswa Universitas Kesenian Zürich di Swiss. Awalnya seorang mahasiswa bernama Beni Winter menciptakan sebuah robot yang bisa naik dan turun tangga tanpa masalah. Ide tersebut oleh Beni dan timnya kemudian dikembangkan lagi dan digunakan pada kursi roda.

Dari situ, Beni dan timnya membuat kursi roda yang mengacu kepada sistem Segway. Di bawah kursi roda ini terpasang semacam roda bergerigi seperti roda tank, hanya saja terbuat dari karet. Gerigi-gerigi dari karet inilah yang membantu pengguna Scalevo untuk bisa naik turun tangga.

Sementara ini, Scalevo baru bisa menaiki atau menuruni tangga per anak tangga. Pencipta kursi roda ini berharap bisa menambah kecepatan kursi roda ini agar bisa menaiki atau menuruni tangga lebih cepat daripada sekarang.

Teknologi kursi roda yang bisa menaiki tangga ini bukanlah yang pertama kali dibuat. Pada tahun 2009 pernah diciptakan iBot. Produk buatan Johnson & Johnson dari Amerika Serikat itu diklaim sebagai kursi roda pertama yang bisa menaiki tangga. Sayangnya produk tersebut dinilai terlalu mahal dan mengharuskan penggunanya menggunakan setidaknya satu tangannya untuk menjalankan alat. Akibatnya produk tersebut tidak diproduksi lagi.

Kursi roda Scalevo yang kini masih dalam tahapan prototip ini akan dijual dengan harga 19 ribu Euro, atau setara dengan Rp 280 juta. Kamu bisa lihat video Scalevo di bawah ini.

[youtube=https://www.youtube.com/watch?t=99&v=3lb_8nmy90c][/youtube]

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak