Lagi Operasi Otak Malah Main Gitar


Operasi otak main gitar (Daily Mail)

Seorang pasien berhasil membuat dokter di Rumah Sakit Nossa Senhora de Conceição, Brasil, tertegun. Bukan karena dia bebas dari penyakit, namun ada hal lain. Jelas saja pasien yang satu ini membuat dokter-dokter merasa heran. Pasalnya, selama menjalani operasi, si pasien mampu memainkan lagu sambil memainkan gitar.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (9/6/2015), Anthony Kulkamp Dias, berada dalam keadaan sadar selama menjalani operasi pengangkatan tumor otak sambil memainkan instrumen untuk tim operasi disaat yang bersamaan. Alunan musik yang dimainkannya memungkinkan dokter menghindari daerah otaknya yang mengontrol indera, gerakan dan ucapan.

Anthony, yang merupakan seorang pekerja bank, pertama-tama memainkan lagu berjudul “Emanuel”, sebuah lagu yang ia tulis untuk putranya yang baru lahir, sebelum ia memainkan lagu milik band legendaris The Beatles, berjudul “Yesterday”. Anthony juga sempat membawakan beberapa lagu dari negaranya sendiri, yaitu Brasil.

Saat memainkan lagu, pria berusia 33 tahun itu menggunakan perutnya untuk menjaga keseimbangan gitar. “Saya bermain enam lagu pada saat-saat yang ditentukan. Tangan kanan saya agak lemah karena itu adalah sisi yang dioperasi. Jadi saya harus berhenti dan istirahat, sambil menjelaskan tentang lagu yang kubawakan dan berbicara dengan para dokter,” katanya.

Bermain gitar dan mengobrol dengan dokter membuat tim dokter aman dalam memetakan otak Anthony saat terjaga guna menghindari cedera yang dapat membahayakan fungsi otak yang penting. “Sementara hal ini mengejutkan semua orang, operasi terus dilakukan,’ ujar seorang juru bicara dari rumah sakit.

Dr Jean mengatakan “Selama pasien terjaga saat operasi berlangsung, hal ini memudahkan dokter untuk menemukan tumor tanpa harus merusak sel saraf lain di otak. Ini benar-benar merupakan tantang besar bagi tim operasi secara keseluruhan. Termasuk tantangan bagi dokter anestesi.”

Anthony merasakan bahwa ia sedang sakit adalah ketika ia merasa gagap dan tak lagi ingat dengan nama mobilnya. Seorang juru bicara rumah sakit Nossa Senhora da Conceicao di Sanra Catarina mengatakan bahwa pasien satu ini sangat mengejutkan dan mengagumkan.

Sebelum kasus ini, tahun lalu, Roger Frisch dikatakan sebagai seorang yang juga pernah bermain biola selama ia menjalani operasi bedah.  Karena ketenangan saat bermain biola ini, Frisch juga telah memudahkan dokter menemukan dengan baik di mana tumor di otaknya berada. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak