Apa itu eSIM dan Manfaatnya untuk Kita?

eSIM adalah alternatif yang praktis dibandingkan dengan kartu SIM fisik karena cukup diunduh dan tidak harus dikeluarkan dari perangkat kita, serta merupakan cara terbaru untuk mendapatkan sebuah SIM.

Ada banyak alasan mengapa orang lebih memilih eSIM dibandingkan kartu SIM. Kita akan membahasnya pada artikel kali ini.

Mari kita telusuri dengan detail apa itu eSIM, apakah cocok untuk kita, dan operator seluler mana yang menawarkannya.

Siapa yang menawarkan paket eSIM?

Semakin banyak operator telekomunikasi yang mulai menawarkan paket eSIM seiring dengan peningkatan jumlah perangkat yang kompatibel dengan eSIM.

Smartfren

Smartfren adalah penyedia eSIM pertama di Indonesia, meluncurkan produk eSIM sejak Juli 2019. Amith Sethi dari Smartfren menyebut eSIM sebagai terobosan teknologi yang memudahkan migrasi pengguna dengan aktivasi melalui QR code eSIM dari galeri Smartfren.

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo juga merilis eSIM pada akhir 2022. Menurut Steve Saerang dari Indosat Ooredoo, produk eSIM mereka dianggap lebih sederhana dan transparan. Produk tersebut tersedia di beberapa gerai Indosat di Jakarta.

XL Axiata

XL Axiata merupakan provider eSIM terbaru di Indonesia, merilis eSIM pada awal 2023. Meskipun demikian, Retno Wulan dari XL Axiata menyatakan bahwa eSIM mereka belum menggantikan SIM fisik secara langsung.

BACA JUGA: 10 Cara Cek Paketan Smartfren dengan Mudah dan Cepat

Manfaat beralih ke eSIM

Ada banyak keuntungan untuk mempertimbangkan beralih ke eSIM. Berikut adalah beberapa alasannya:

Lebih nyaman

Jika kita sering berganti SIM, mengelola kartu SIM fisik bisa menjadi mimpi buruk. Tetapi dengan eSIM, kita hanya perlu mendaftar secara online, memindai kode QR, atau mengunduh aplikasi, dan eSIM baru kita akan diterapkan ke perangkat secara otomatis.

Menggunakan beberapa SIM secara bersamaan

Dulu, jika kita ingin menggunakan dua kartu SIM sekaligus, kita perlu memiliki ponsel dual-SIM. Tetapi dengan popularitas eSIM yang meningkat, sekarang kita bisa memiliki dual SIM karena eSIM akan membebaskan ruang fisik di ponsel kita.

Ini sangat berguna bagi orang yang ingin menggunakan satu perangkat untuk telepon kerja dan pribadi mereka atau mungkin ingin menyimpan nomor telepon Indonesia mereka dan menggunakan SIM perjalanan (atau eSIM) saat bepergian.

Bepergian dengan mudah

Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri dalam eSIM perjalanan. Dan penawaran mereka cukup kompetitif, membuatnya layak untuk dipertimbangkan untuk traveling ke luar negeri kamu berikutnya.

BACA JUGA: Panduan Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel

Penutup

Seperti yang disebutkan di atas, berganti antara beberapa SIM fisik bisa sangat merepotkan. Dengan memilih eSIM, kita dapat melewati kekhawatiran menunggu kartu SIM fisik tiba, khawatir itu mungkin rusak ketika tiba. Dengan eSIM cukup dengan beberapa klik dan langsung aktif.

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

3 Alasan untuk tidak tidur dekat ponsel di malam hari

Pengguna WhatsApp kini bisa sematkan pesan dan chat lebih banyak