Persamaan Para Hokage ‘Naruto’ dengan Presiden RI 1-7

“Naruto” merupakan serial anime atau kartun Jepang yang cukup populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bukan saja karena jurus-jurus ninjanya yang menarik, tetapi karena anime ini juga menyelipkan banyak pesan moral dalam setiap episodenya.

Dalam anime ini, terdapat istilah yang disebut Hokage, yaitu seorang pemimpin di desa Konoha, desa kelahiran Naruto Uzumaki, tokoh utama cerita ini. Jika diibaratkan Konoha sebagai Indonesia, maka kedudukan Hokage ini sama dengan presiden.

Uniknya, ada kesamaan, yang entah disengaja atau tidak, antara tokoh yang pernah memimpin Konoha dan tokoh yang memimpin Indonesia. Dan kebetulan juga Hokage memiliki 7 tokoh, begitu pula dengan Indonesia yang memiliki 7 Presiden. Apa saja persamaannya? Berikut persamaannya seperti yang sudah dihimpun JadiBerita dari Brilionet, Senin (15/6/2015).

1. Hashirama Senju dan Sukarno

Hashirama Senju dan Sukarno (Brilio)
Hashirama Senju dan Sukarno (Brilio)

Hashirama Senju merupakan Hokage pertama, begitu juga dengan Sukarno yang merupakan Presiden RI pertama. Selain sebagai seorang pemimpin pertama, keduanya juga sama-sama tokoh pendiri. Keduanya memiliki karakter yang dikagumi dan dihormati, atas usaha dan keberhasilannya memerdekakan dan membentuk sebuah negara sendiri.

2. Tobirama Senju dan Suharto

Tobirama Senju dan Suharto (Brilio)
Tobirama Senju dan Suharto (Brilio)

Sebelum masa kepemimpinannya, keduanya juga ikut andil dalam membantu Hokage dan Presiden untuk memimpin negara. Keduanya memiliki kemiripan sikap yang sangat dominan yaitu ketegasan. Suharto juga dikenal sebagai presiden yang tegas, tegap dan berani.

3. Hiruzen Sarutobi dan B.J. Habibie

Hiruzen Sarutobi dan B.J. Habibie (Brilio)
Hiruzen Sarutobi dan B.J. Habibie (Brilio)

Hokage ketiga dan Presiden RI ketiga ini memiliki kesamaan ukuran fisik yang mungil dan sedikit agak kecil dibandingkan dengan pemimpin terdahulunya. Selain itu mereka juga seorang pemimpin yang sama-sama jenius.

4. Minato Namikaze dan  Abdurrahman Wahid

Minato Namikaze dan  Abdurrahman Wahid (Brilio)
Minato Namikaze dan Abdurrahman Wahid (Brilio)

Minato Namikaze yang merupakan ayah dari Naruto adalah Hokage keempat, sementara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah Presiden RI keempat. Keduanya sama-sama memiliki masa jabatan yang sebentar. Namun keduanya sama-sama memberikan kontribusi bagi negaranya dan keduanya juga karakter yang humoris dan tidak tegang.

5. Tsunade dan Megawati

Tsunade dan Megawati (Brilio)
Tsunade dan Megawati (Brilio)

Keduanya sama-sama merupakan pemimpin pertama dari kalangan wanita. Kesamaan uniknya lainnya adalah Tsunade merupakan keturunan langsung dari Hokage pertama, seperti halnya Megawati yang juga keturunan langsung dari Presiden RI pertama, yaitu Sukarno.

6. Hatake Kakashi dan Susilo Bambang Yudhoyono

Hatake Kakashi dan SBY (Brilio)
Hatake Kakashi dan SBY (Brilio)

Hatake Kakashi adalah guru dari Naruto yang menjadi Hokage keenam, dan SBY menjadi Presiden RI keenam. Persamaan yang paling mencolok adalah keduanya sama-sama lahir dari kalangan militer.

7. Naruto dan Joko Widodo

Naruto dan Joko Widodo (Brilio)
Naruto dan Joko Widodo (Brilio)

Naruto yang bercita-cita ingin menjadi Hokage awalnya dianggap candaan dan diremehkan. Namun pada akhirnya Naruto berhasil menjadi seorang Hokage. Hal itu juga terjadi pada Presiden kita sekarang ini, yaitu Joko Widodo. Awalnya dia sempat diremehkan, namun akhirnya anggapan miring mengenai dirinya dapat ditepis dan berhasil menjadi Presiden. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Klip Terbaru Slipknot Tawarkan Kesan Kelam

5 Remaja Hebat Penemu Alat Kebutuhan Sehari-hari