Bocah SD Ini Tuntaskan 50 Soal MTK dalam 4 Menit


Ada yang unik di Central Business District (CBD) Polonia. Di tempat ini berlangsung lomba sempoa dengan tema “Mini Kompetisi Sempoa” untuk level Foundation dan diikuti oleh 112 peserta.

Dimulai pada tanggal 4 Juli kemarin, yang bertanding saat itu ialah dari kelas TK sampai kelas 3 SD, kemudian dilanjutkan untuk siswa kelas 4 SD sampai kelas 3 SMP pada hari berikutnya.

Dilansir dari Tribunnewscom, Rabu (8/7/2015), ketua panitia acara, Suriadi, menjelaskan, Foundation adalah level dasar dari sempoa. Di level Foundation yang dipelajari ialah melatih ketelitian dan konsenstrasi dalam berhitung. Contohnya mereka menghitung tanpa menggunakan alat hitung seperti kalkulator. Jadi mereka hanya memakai alat sempoa saja.

Hari itu yang diperlombakan ialah kecepatan berhitung. Angka yang dihitung ialah angka puluhan sebanyak 5 sampai 10 baris.

Untuk hari berikutnya, yaitu tanggal 5 Juli, level yang dilombakan adalah Intermediate. Level Intermediate ini, katanya, sudah bisa berhitung dari angka ribuan sampai puluhan juta.

“Yang level Intermediate mereka bisa mengerjakan 50 soal aritmatika dalam waktu 4 menit saja. Untuk bisa mencapai level ini butuh waktu 2 tahun belajar sempoa. Rata-rata untuk naik satu level butuh waktu 6 bulan,” ujarnya.

Faradita Kayla Putri, siswi kelas 4 SD Guppi mengatakan, lomba sempoa yang ia ikuti terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama ialah perhitungan tambah dan kurang dengan menggunakan alat sempoa. Lalu tahap kedua, penambahan dan pengurangan tanpa menggunakan alat sempoa. Kemudian tahap ketiga ialah perhitungan perkalian dan pembagian tanpa menggunakan alat sempoa.

Yang ditampilkan dalam video di bawah ini adalah tahap kedua atau tahap ketiga, karena para siswa tidak menggunakan sempoa dan hanya menggunakan sempoa di dalam pikirannya saja. Meski demikian, para siswa dapat menyelesaikan soal berhitung dengan cepat, kemungkinan dalam hitungan detik.

Langsung saja saksikan videonya di bawah ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
11
Love
OMG OMG
101
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak