Kosakata Indonesia yang Mirip dengan Bahasa Lain di Dunia


Sebagai orang Indonesia, tentunya wajar jika bisa berbahasa Indonesia. Namun ternyata, bahasa yang kita gunakan sehari-hari ini sekaligus menjadi bahasa lain yang digunakan di dunia. Tidak percaya? Mari kita lihat di bawah ini, sebagaimana dilansir jadiBerita dari Bintangcom, Kamis (9/7/2015).

1. Kursi

Kursi (Pinterest)
Kursi (Pinterest)

Kursi dalam bahasa Indonesia, yang bisa diartikan sebagai tempat duduk, ternyata memiliki pengucapan dan arti yang sama dengan Kursi dalam bahasa Arab. Jadi lebih mudah meminta tempat duduk itu jika bersama orang Arab.

2. Kado

Kado (Ceritamu)
Kado (Ceritamu)

Kado, yaitu hadiah yang dibungkus oleh kertas khusus dalam bahasa Indonesia memiliki pengucapan dan arti yang sama dengan bahasa Prancis, namun berbeda tulisan. Dalam bahasa Prancis, kado ditulis Cadeau.

3. Jendela

Jendela (Matonhouse)
Jendela (Matonhouse)

Kali ini bahasa Indonesia yang mirip bahasa Portugis. Kalau di bahasa Indonesia itu jendela, sedangkan bahasa Portugisnya jadi janela (baca: jandela). Arti katanya pun sama, yaitu lubang yang dapat diberi tutup dan berfungsi sebagai tempat keluar masuk udara.

4. Sepatu

Sepatu (Anasuncu)
Sepatu (Anasuncu)

Sepatu dalam bahasa Indonesia memiliki pelafalan yang mirip dan arti sama dengan bahasa Portugis, Sapatu.

5. Bendera

Bendera berbagai negara (Kaskus)
Bendera berbagai negara (Kaskus)

Kosakata Indonesia yang satu ini sama pelafalan maupun artinya dengan bahasa Swahili, yakni bahasa yang digunakan di Kenya.

6. Meja

Meja (Dinomarket)
Meja (Dinomarket)

Masih dari bahasa Swahili, huruf dan arti dari meja itu sama, hanya saja pelafalannya saja yang berbeda.

7. Kaya

Orang kaya (Pulsk)
Orang kaya (Pulsk)

Sering kita mendengar dalam bahasa Indonesia kalau orang kaya itu disebut juga tajir. Ternyata tajir itu berasal dari bahasa Swahili, Tajiri. Artinya sama, cuma penulisannya saja yang sedikit berbeda. Entah bagaimana istilah tajir ini bisa mencapai Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak