Jepang Sulap Lapangan Golf Jadi Pembangkit Listrik


Satu lagi kemajuan teknologi yang diraih oleh negeri matahari terbit ini. Kini Jepang telah berhasil mengubah lapangan golf menjadi lahan pembangkit listrik. Berawal dari banyaknya ratusan lahan lapangan golf yang terlantar begitu saja karena tidak terpakai. Banyaknya lapangan golf ini ternyata dibuat selama masa keemasan golf di Jepang yang ditelantarkan saat perekonomian negeri itu stagnan. Padahal lapangan-lapangan golf tadi sudah memakan ruang di kawasan-kawasan mahal dan padat penduduk.

Ratusan lapangan golf tersebut dirasa terbuang sia-sia dan tidak menghasilkan apapun karena memang tidak dipakai, maka sebuah pabrik elektronik domestik yang bernama Kyocera membuat inovasi teknologi yang canggih serta bermanfaat bagi penduduk sekitar.

Dilansir dari inhabit.com, Kyocera menjadikan ratusan lahan golf tersebut menjadi lahan hijau yang bisa menghasilkan energi listrik. Lapangan-lapangan golf itu disulap menjadi pembangkit listrik tenaga sinar matahari yang luasnya mencukupi untuk menghasilkan tenaga listrik yang dibutuhkan penduduk sekitar sehingga mereka tidak akan kekurangan pasokan listrik dari pusat.

Lapangan-lapangan golf yang terlantar itu disesuaikan dengan desain pembakit listrik tenaga surya canggih karena paparan sinar mataharinya yang berlimpah, dan minim pepohonan peneduh. Salah satu tantangan dalam mengembangkan energi alternatif adalah bagaimana menemukan ruang yang memadai untuk pendirian infrastrukturnya yang masif. Baik tenaga angin dan matahari membutuhkan banyak lahan agar bisa menghasilkan kuantitas listrik yang signifikan untuk menggantikan energi bahan bakar fosil yang kurang ramah lingkungan. Bahan bakar fosil ini ternyata bisa menyebabkan polusi untuk lingkungan setempat, makanya harus diganti penggunaannya.

Kyocera akan memulai dengan membangun pembakit listrik tenaga surya berkekuatan 23 megawatt di prefektur Kyoto, bersama dengan pembangkit listrik lain di prefektur Kagoshima. Pembangkit listrik di Kyoto itu akan menjadi yang terbesar di kawasan ini, memproduksi pasokan listrik yang cukup untuk 8100 rumah tangga di sekitar. Lumayan banyak juga yah pasokan listriknya.

Kabarnya proyek pembangkit tenaga listrik dari lapangan golf ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2018. Kita sebagai warga Indonesia jangan mau kalah dengan Jepang. Kini sudah saatnya bagi Indonesia untuk memikirkan kelangkaan energi listrik dan mulai membangun tenaga listrik yang ramah lingkungan. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak