Indonesia Punya Hanggar Pesawat Terbesar di Dunia

Prestasi mendunia kembali ditorehkan oleh Indonesia. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, menjadi maskapai yang kini memiliki bengkel pesawat atau hanggar terbesar di dunia. Hanggar ini berlokasi di area Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Hanggar Garuda Indonesia (Detik)
Hanggar Garuda Indonesia (Detik)

Disebut terbesar di dunia karena hanggar ini memiliki luas 64 ribu meter persegi dan satu kompleks dengan hanggar lama yang sudah dimiliki Garuda Indonesia. Dengan luas segitu, hanggar ini mampu menampung hingga 16 badan pesawat, sedangkan rata-rata di dunia hanggar hanya mampu menampung 10-12 pesawat berbadan kecil (narrow body).

“Konsep ini berangkat dari keinginan memiliki hanggar standar internasional dengan desain kreatif. Selain itu, dari sisi operasional lebih efektif karena perpindahan pesawat lebih fleksibel,” kata Direktur Utama GMF AeroAsia, Richard Budianto.

Hanggar Garuda Indonesia (Liputan6)
Hanggar Garuda Indonesia (Liputan6)

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, hanggar ini nantinya akan dioperasikan teknologi canggih dan menerapkan konsep green energy, sehingga selain hemat listrik nantinya juga akan ramah lingkungan.

Richard mengungkapkan, bangunan bengkel pesawat terbesar di dunia ini memiliki fasilitas terlengkap untuk perawatan pesawat kelas narrow body seperti jenis Boeing 737 atau Airbus 320.

Hanggar Garuda Indonesia (National Geographic)
Hanggar Garuda Indonesia (National Geographic)

Fasilitas bengkel pesawat GMF ini mampu melayani jasa modifikasi sayap pesawat, perbaikan struktur, perawatan mesin dan APU (Auxiliary Power Unit), modifikasi interior pesawat, pengecetan, dan perawatan lainnya. Richard melanjutkan, meski dapat melakukan perawatan 16 pesawat sekaligus, kapasitas itu akan mencapai full capacity pada 2018 mendatang. Alasannya, GMF harus menyiapkan teknisi berlisensi terlebih dahulu.

Sampai saat ini sudah ada beberapa pesawat yang berada di hanggar tersebut dalam proses perbaikan, di antaranya milik maskapai Virgin Atlantic, Nam Air, Sriwijaya, dan AirAsia. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Musibah Kabut Asap, Jessica Mila Ajak Masyarakat Peduli Sesama

Ada Es Krim Rasa Tolak Angin