Fenomena Tema Drama â??Noona-Dongsaengâ?? Pada Pria Korea 


Bagi kamu para penggemar drama Korea tentunya sudah tidak asing lagi dengan tema yang sering diangkat belakangan ini. Tema yang sangat menarik ini adalah tema tentang hubungan noonadongsaeng alias hubungan antara perempuan yang lebih tua dengan lelaki yang lebih muda usianya. Noona dalam bahasa Korea digunakan untuk panggilan perempuan yang lebih tua oleh lelaki yang lebih muda. Sedangkan dongsaeng adalah panggilan adik.

Sebut saja beberapa drama dengan tema noonadongsaeng yang menjadi hits seperti â??I Hear Your Voiceâ?? yang dibintangi Lee Bo Young dan Lee Jong Suk, â??Flower Boy Ramyun Shopâ?? yang dibintangi oleh Jung Il Woo dan Lee Chung Ah, â??I Do I Doâ?? yang dibintangi Kim Sun Ah dan Lee Jang Woo, â??I Need Romance 3â?? yang dibintangi Kim Seo Yeon dan Sung Joon, lalu ada â??Witch Romanceâ?? yang dibintangi Uhm Jung Hwa dan Park Seo Joon, dan masih banyak lagi. Dalam drama-drama tersebut, rata-rata perbedaan usia tokoh perempuan lebih tua beberapa tahun dibanding usia tokoh lelakinya, bahkan ada yang lebih dari sepuluh tahun.

Flower boy ramyun shop (asiakpopnews1.wordpress.com)
Flower boy ramyun shop (asiakpopnews1.wordpress.com)

Tema drama ini memiliki impact yang cukup besar di kalangan masyarakat Korea. Hubungan perempuan lebih tua dengan lelaki lebih muda semakin banyak ditemukan pada warga Korea Selatan belakangan ini. Dilansir dari Chosun Ilbo, hubungan seperti ini bahkan sudah masuk ke ranah pernikahan. Pemerintah Korea Selatan telah mencatat peningkatan yang signifikan mengenai pernikahan antara perempuan yang lebih tua dengan lelaki yang jauh lebih muda.

Fenomena ini sebenarnya masih dianggap tabu oleh masyarakat Korea Selatan karena norma yang berlaku di sana masih belum menerima hubungan pernikahan perempuan lebih tua dengan lelaki yang lebih muda. Hal ini menjadi penghalang utama dalam membuat sebuah keputusan pernikahan.

Witch Romance (www.viki.com)
Witch Romance (www.viki.com)

Meski dianggap tabu, namun nyatanya data statistik di Kantor Statistik Pemerintah Seoul menunjukkan bahwa pernikahan dari pasangan perempuan yang lebih tua dengan lelaki yang lebih muda naik hingga 15,8 % di tahun 2014 dan pada tahun 2015 pertambahan menjadi dua kali lipat. Rata-rata lelaki memilih untuk menikahi perempuan yang berusia lebih tua tiga tahun darinya atau lebih. Malah ada juga yang selisih umurnya mencapai sepuluh tahun.

Selain faktor tema drama tersebut, ada beberapa faktor lain yang menjadikan hubungan noonadongsaeng ini menjadi fenomena seperti, perempuan yang lebih tua terlihat lebih dewasa dalam bersikap, perempuan lebih tua dianggap lebih bisa membina hubungan yang serius, ditambah sekarang kebanyakan lelaki lebih memilih perempuan dengan kondisi ekonomi yang stabil sehingga tidak akan memberatkan kehidupan pernikahan mereka nanti.

Menurut kamu bagimana JBers? Apakah kamu setuju dengan hubungan perempuan yang lebih tua dengan lelaki yang lebih muda? (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak