10 Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Masa Depanmu (1)


Bagi yang baru lulus SMA dan hendak melanjutkan ke bangku kuliah, umumnya memilih jurusan ekonomi, komputer atau sastra Inggris. Padahal, lumayan banyak jurusan atau fakultas kuliah yang prospek kerjanya tinggi dan jarang yang tahu atau minat kuliah di situ. Namun jangan salah, meski jarang diminati, kebanyakan lulusan dari fakultas/jurusan yang jarang diminati itu justru digaji tinggi. Dilansir dari Idntimescom, Senin (28/12/2015), berikut adalah bagian pertama dari 10 jurusan kuliah yang jarang diminati namun menjanjikan masa depanmu.

1. Ilmu perpustakaan

Ilustrasi mahasiswi ilmu perpustakaan (Idntimes)
Ilustrasi mahasiswi ilmu perpustakaan (Idntimes)

Di beberapa kampus/universitas, jurusan ilmu perpustakaan ini masuk ke Fakultas Ilmu Budaya (FIB) atau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Ternyata di sini kamu tak hanya belajar yang berkaitan dengan buku. Di jurusan ini selain ilmu sosial, kamu juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarluaskan informasi. Lulusan ilmu perpustakaan punya prospek kerja cukup luas mulai jadi programmer, sekretaris sampai document controller di perusahaan minyak atau kepolisian. Universitas yang punya jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, atau UIN.

2. Ilmu filsafat

Ilmu filsafat (Idntimes)
Ilmu filsafat (Idntimes)

Ilmu filsafat itu memang kelihatannya rumit dan ribet karena memang di jurusan ini kita akan belajar perilaku dan fenomena manusia, bersikap kritis pada apapun untuk menemukan solusi dari permasalahan. Meski demikian, prospek dari jurusan ini adalah setiap perusahaan bisa rekrut para filsuf untuk menyelesaikan masalah SDM atau apapun walau di Indonesia memang belum banyak yang cari lulusan jurusan ini. Bahkan ada juga yang direkrut jadi penasehat negara. Universitas yang memiliki jurusan filsafat ini adalah UI & UGM.

3. Ilmu arkeologi

Ilmu arkeolog (Idntimes)
Ilmu arkeolog (Idntimes)

Suka dengan film semacam “Tomb Raider” atau “National Treasure”? Jika jawabannya adalah iya, maka kamu pasti betah berada di jurusan Ilmu Arkeologi. Sewaktu kuliah kamu bakal sering studi lapangan di tempat-tempat yang jarang didatangi orang, gali tanah layaknya cari harta karun dan yang paling penting tetap dibayar. Karir lulusan ilmu arkeologi bisa jadi peneliti atau ahli benda-benda peninggalan sejarah, dan kemungkinan bakal direkrut oleh orang luar negeri. Universitas yang terkenal dengan jurusan arkeologinya adalah UI, UGM, UNHAS dan UDAYANA.

4. Sastra Jawa

Sastra Jawa (Idntimes)
Sastra Jawa (Idntimes)

Mungkin kita akan diledek jika kita mengambil Sastra Jawa dibandingkan mengambil sastra lainnya seperti Inggris atau Jepang. Namun, lulusan jurusan Sastra Jawa dan sastra daerah lainnya bisa kerja sebagai pengajar, kerja di media massa, kerja di museum, seniman atau jadi peneliti di perusahaan negara. Bukan cuma bahasa, kamu juga bisa belajar budaya daerah yang seru-seru mulai dari musik, pakaian, hingga makanan Jawa. Universitas yang punya jurusan Sastra Jawa adalah UI, UNNES, UGM dan UNS.

5. Ilmu Astronomi

Ilmu astronomi (Idntimes)
Ilmu astronomi (Idntimes)

Memang jarang yang kuliah di jurusan ini, tapi bukan berarti lulusannya bakal menganggur karena kamu bisa jadi peneliti di lembaga pemerintahan misalnya LAPAN, LIPI atau BMKG. Dan tempat universitas yang ada jurusan astronomi di Indonesia hanya ada di ITB.

Tunggu lanjutannya di bagian kedua. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak