Pesta Kembang Api Termahal di Dunia, Habiskan Miliaran Rupiah


Ribuan warga Kota Ambon menyambut tahun baru 2014 dengan menggelar pesta kembang api di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, Rabu (1/1) dini hari. ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan/Koz/Spt/14.

Pergantian tahun lazimnya dirayakan dengan menyalakan kembang api, dan hal itu tampaknya sudah menjadi tradisi di akhir tahun. Tak hanya di Indonesia, di banyak belahan dunia pesta kembang api juga diselenggarakan, baik dalam skala kecil, menengah, hingga yang terhitung spektakuler.

Dari berbagai pesta kembang api tersebut, ternyata ada satu tempat yang mencatatkan rekor sebagai tempat dengan pesta kembang api termahal di dunia. Tempat tersebut tidak lain adalah Dubai, salah satu kota termegah di Uni Emirat Arab.

Pesta kembang api di Dubai (Guardian)
Pesta kembang api di Dubai (Guardian)

Dilansir dari Guardian, Kamis (31/12/2015), biaya yang dikeluarkan untuk pesta kembang api dalam malam tahun baru saat pergantian tahun 2014 ke 2015 lalu di Dubai mencapai USD 6 juta atau sekitar Rp 84 miliar untuk kurs saat ini. Total biaya ini membuat Dubai menjadi kota dengan kembang api termahal di dunia mengalahkan Sydney (Australia), London (Inggris), Edinburgh (Skotlandia) dan Rio de Janeiro (Brasil).

Adapun jumlah kembang api yang disediakan pada malam tahun baru berjumlah 500 ribu buah. Secara keseluruhan, pesta kembang api ini berlangsung selama 6 menit saja. Itu artinya, satu menit perayaan kembang api di Dubai menghabiskan biaya kurang lebih hingga Rp 14 miliar.

Bukan hanya kembang apinya saja yang mahal, ternyata, tempat untuk merayakan pesta kembang apinya pun tidak kalah mahalnya. Burj Khalifa, lokasi dimana pesta kembang api dilakukan, adalah juga salah satu gedung termahal di dunia. Gedung yang selesai dibangun pada tahun 2010 ini menghabiskan biaya USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun.

Apakah pergantian tahun 2015 ke 2016 nanti malam Dubai akan kembali memecahkan rekor? Kita nantikan saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak