Senapan Laser Ala Star Wars Berhasil Diciptakan Ilmuwan Tiongkok


Tiongkok memang dikenal sebagai negara yang piawai menciptakan terobosan teknologi canggih, mulai dari teknologi yang mendukung misi eksplorasi antariksa hingga teknologi persenjataan militer. Kini, Negeri Tirai Bambu tersebut dikabarkan mampu menciptakan sebuah senjata berupa senapan yang bisa mengeluarkan laser seperti di film Star Wars.

Stormtrooper menembakkan laser (Gadgetreview)
Stormtrooper menembakkan laser (Gadgetreview)

Menariknya, senapan tersebut mampu mengeluarkan laser yang nyaris tak terlihat oleh mata telanjang manusia. Yang menjadi risiko, senapan ini bisa mematikan target yang berada dalam jarak beberapa mil dalam hitungan detik.

Dilansir dari Tech Times, Jumat (15/1/2016), senapan itu dirakit oleh sekelompok ilmuwan Chinese Academy of Sciences’ Institute of Physics yang dipimpin oleh Professor Zhi-Yuan Li.

Dalam proses pembuatannya, Yuan Li dan timnya mengurangi ukuran dan mekanisme yang bisa menghasilkan laser berfrekuensi tinggi dengan menggunakan perangkat portabel. Perangkat tersebut bisa dipasang di tank atau pesawat dengan mudah oleh para tentara.

“Ini merupakan pencapaian yang begitu luar biasa. Belum pernah ada yang bisa menciptakan senjata dengan laser berfrekuensi tinggi yang mana memanfaatkan perangkat kecil sebelumnya,” tutur Yuan Li.

Diketahui, teknologi laser yang bisa disematkan di sistem persenjataan rupanya diprediksi bakal menjadi sebuah tren bagi negara maju seperti Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Bahkan, Departemen Pertahanan AS pun sudah mulai menguji senjata laser ala Star Wars tersebut.

Han Solo (Tech Times)
Han Solo (Tech Times)

Hal tersebut sebetulnya sudah tercetus sejak 30 tahun yang lalu lewat pidato presiden AS Ronald Reagan pada saat itu. Di pernyataannya, Reagan mengusulkan AS agar membangun sistem pertahanan yang lebih kuat dan inovatif. Salah satunya adalah dengan menciptakan ‘senjata’ sinar laser X dari satelit yang berada di orbit terdekat dengan Bumi.

Inilah yang menjadi ‘inspirasi’ bagi Tiongkok dalam menciptakan sistem persenjataan mutakhir dengan teknologi laser. Sebelum penemuan senjata Star Wars yang diciptakan Yuan Li, sebelumnya pemerintahan Tiongkok diketahui sudah memberikan tugas Akademi Rekayasa Fisika dan Jiuyuan Hi-Tech Equipment Corporation untuk menciptakan senjata laser.

Apakah nantinya militer-militer yang ada di dunia, termasuk Indonesia, akan menggunakan senapan laser sebagai pengganti senjata api yang sudah ada saat ini? Kita nantikan saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak