Diciptakan Alat Penghapus Ingatan Buruk, Tertarik?


Setiap orang pasti punya ingatan, entah itu baik atau buruk. Jika kamu memiliki ingatan mburuk, tentunya kamu tak ingin terus mengingatnya dan ingin segera melupakannya. Bahkan mungkin juga kamu ingin ingatan buruk itu digantikan dengan ingatan yang lebih baik. Terdengar mustahil?

Rupanya hal itu bukanlah hal yang mustahil. Menurut sebuah film dokumenter, sekelompok ilmuwan telah menemukan alat untuk menghapus ingatan buruk dan menciptakan memori yang baru. Dokumenter yang dikerjakan oleh PBS Nova dan diberi judul “Memory Hackers” itu memperlihatkan sekelompok ilmuwan yang menemukan alat serta obat-obatan penghilang memori buruk.

“Bagi sejarah manusia, ingatan itu seperti alat perekam yang secara otomatis merekam segala informasi dan bisa diputar kembali tanpa diminta,” kata salah seorang pembuat filmnya seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (16/2/2016).

“Namun, sekarang para peneliti telah menemukan bahwa ingatan itu sesuatu yang bisa diatur, selalu bisa ditulis, dan ditulis ulang. Tidak hanya oleh si empu pemilik,, namun juga orang lain. Mereka telah menemukan sebuah mekanisme yang tepat bagaimana mengontrol ingatan,” ujarnya lagi.

Dalam dokumenter itu, salah seorang subyek adalah Jake Hausler, bocah laki-laki berusia 12 tahun dari St. Louis, AS yang bisa mengingat tiap detil kejadian yang ia alami dari usia 8 tahun. Jake sendiri adalah manusia termuda yang didiagnosis dengan kondisi Highly Superior Autobiographical Memory, yang membuat penderitanya sulit membedakan antara momen penting dan tidak di masa lalu.

Adegan film dokumenter Memory Hackers (PBS)
Adegan film dokumenter Memory Hackers (PBS)

“Melupakan adalah salah satu kegiatan penting bagi otak,” kata Andre Fenton, ahli neurosains yang kini tengah bekerja tentang teknik bagaimana menghapus memori buruk. “Kami mengerti, ingatan manusia itu adalah fenomena gunung es,” imbuhnya lagi.

Salah seorang ahli yang bakal ditampilkan dalam dokumenter itu adalah Julia Shaw, sorang profesor psikologi dari London South Bank University. Ia adalah seorang ahli yang merancang sistem untuk menanam memori palsu. Shaw berhasil melakukan eksperimen kepada subyek bahwa mereka telah melakukan aksi kriminal yang tak pernah mereka lakukan. Risetnya membawa potensi berbahaya bagi sistem pengadilan kriminal.

Para pembuat film juga akan menampilkan psikolog klinis Merel Jindt yang menemukan obat untuk menghapus beberapa memori buruk. Merel sendiri adalah subyek penelitan yang dilakukan oleh dirinya sendiri dan berhasil menghilangkan ketakutannya akan laba-laba.

Hingga saat ini, alat dan obat yang berkaitan dengan penghilangan dan penggantian ingatan itu belum diproduksi secara massal, namun bisa jadi nantinya alat ini akan mulai diproduksi untuk umum. Kamu tertarik?

Kamu bisa tonton videonya berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=VT4T_lD77fE

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak