Begini Jadinya Bila Tak Ada yang Namanya Uang


Uang memang tak pernah bisa lepas dari kehidupan kita. Ada istilah yang menyebutkan kalau uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Meski demikian, pernahkah kamu membayangkan apa jadinya jika di dunia ini tidak pernah ada inisiatif untuk menciptakan alat tukar menukar yang dikenal dengan uang? Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, kira-kira inilah yang bakal terjadi.

1. Cuma ada profesi petani dan peternak

Peternak (Kaskus)
Peternak (Kaskus)

Jika di dunia ini tidak ada mata uang, orang-orang akan memilih dua profesi yang paling dibutuhkan oleh manusia, petani dan peternak. Yang dibutuhkan manusia pada pokoknya adalah makanan dan pakaian. Profesi ini bakal menjadi primadona karena jika mereka menginginkan sebuah barang, maka dengan mudah didapatkan dengan menukarkannya dengan berbagai hasil pertanian dan peternakannya.

2. Industri tidak berkembang

Industri (Kaskus)
Industri (Kaskus)

Jika di dunia ini tidak ada uang, dapat dipastikan bahwa industri tidak akan berkembang pesat seperti saat ini. Jika tidak ada uang, daya saing dan kreativitas akan menurun drastis. Orang-orang tidak akan memikirkan gadget atau barang elektronik lainnya. Mungkin saja untuk bisa mendapatkan gadget, dibutuhkan tanah atau emas untuk bisa ditukar dengan gadget.

3. Bingung menggaji karyawan

Ilustrasi gaji (Tribunnews)
Ilustrasi gaji (Tribunnews)

Selain bingung dengan apa gadget harus ditukar, sang produsen juga bakalan kebingungan untuk menggaji karyawannya. Jika perusahaan itu milik pemerintah, anggaplah upahnya berupa tanah. Jika setiap harinya karyawan menerima upah berupa tanah seluas 1 m persegi, berapa luas tanah yang diperlukan untuk menggaji 100 orang karyawan sehari, sebulan, setahun, dan seterusnya?

4. Tidak ada ekspor impor

ekspor impor (Kaskus)
ekspor impor (Kaskus)

Jika tidak ada uang, hubungan internasional tidak akan sebaik sekarang. Mereka tidak akan melakukan kegiatan ekspor impor untuk hal-hal yang tidak begitu penting karena banyak sekali biaya yang dibutuhkan untuk mengirim dan mendatangkan barang ke dan dari luar negeri. Pemerintah suatu negara harus menyediakan banyak barang yang akan digunakan untuk membayar ongkos pengiriman barang dari suatu negara ke negara lain.

5. Bingung gaji pekerja medis

Dokter (Kaskus)
Dokter (Kaskus)

Jika tidak ada uang, kira-kira barang apa yang paling dibutuhkan oleh tenaga medis yang bertugas? Kalau saat ini peserta BPJS saja didiskriminasi dalam hal pelayanan, maka orang-orang yang tidak memiliki barang yang diinginkan tabib atau dokter akan bernasib sama dengan kalangan miskin dan peserta BPJS di zaman sekarang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak