Apakah Kamu Jenius? Kenali Tanda-tandanya di Sini

Apa kamu tahu bahwa mungkin saja kamu jenius? Bahkan jika kamu berpikir bahwa kamu tak seberapa pintar dan cerdas, kamu bisa saja memiliki karakter orang jenius. Bahkan, faktanya, orang jenius memiliki kebiasaan yang sama. Penasaran apakah kamu orang jenius atau bukan? Kenali tanda-tandanya berikut ini, seperti dilansir dari Idntimescom, Senin (7/3/2016).

1. Selalu penasaran

Ilustrasi penasaran (Pixabay)
Ilustrasi penasaran (Pixabay)

Apakah kamu secara bertahap membaca jurnal, mengikuti beberapa blog dan seringkali browsing hanya untuk mengetahui jawaban atas pertanyaanmu? Bisa jadi kamu adalah orang jenius. Orang jenius pada dasarnya adalah orang yang selalu ingin tahu. Mereka selalu menemukan pertanyaan dalam kepala mereka dan kemudian berusaha untuk menemukan jawabannya.

2. Sering ngomong sendiri

Sendiri (Unsplash)
Sendiri (Unsplash)

Ketika kamu sedang memikirkan sebuah masalah maka dialog dan ide-ide seringkali muncul tanpa permisi. Semakin intens proses tersebut, maka semakin sering kamu berbicara dengan diri sendiri. Walau kamu ditertawakan temanmu, tak perlu marah, karena hal ini membuktikan bahwa dirimu itu jenius.

3. ‘Gatal’ lihat buku nganggur

Baca buku (Merdeka)
Baca buku (Merdeka)

Beberapa orang cerdas yang memiliki karakter unik biasanya fokus pada satu jenis buku saja, misalnya fiksi ilmiah atau manga. Namun tak menutup kemungkinan bahwa para jenius ini juga membaca berbagai macam jenis buku. Tak peduli apa jenis buku kesukaanmu, jika rak bukumu penuh dan kamu selalu mencari hal baru untuk dibaca, kamu masuk ke dalam kategori jenius.

4. Suka dengan tantangan

Travel (Pixabay)
Travel (Pixabay)

Apakah kamu senang bermain logika, kata-kata dan trivia untuk mengetes otakmu? Jika demikian, kamu memiliki satu hal yang dimiliki orang jenius di luar sana. Banyak orang jenius yang senang bermain sudoku dan teka-teki silang sebagai kebiasaan yang selalu mereka lakukan.

5. Pelupa

Ilustrasi lupa (Pixabay)
Ilustrasi lupa (Pixabay)

Individu yang cerdas biasanya sering melupakan banyak hal karena otak mereka sering dipenuhi oleh banyak hal sehingga kadang mereka menjadi pelupa. Mereka menjadi sibuk dengan berbagai proyek dan ide. Hasilnya, hal-hal sederhana akan terlempar keluar dan dilupakan.

6. Masa lalumu berbeda dengan orang kebanyakan

Ilustrasi mengenang masa lalu (Pixabay)
Ilustrasi mengenang masa lalu (Pixabay)

Tak perlu banyak waktu untuk membangun mental penulis, musisi, seniman, ilmuwan dan orang jenius lainnya yang pernah terjebak dalam lingkaran “kecanduan”, seperti kecanduan alkohol dan narkoba. Beberapa tipe kecanduan seperti ini mereka gunakan untuk mendapatkan pengalaman baru. Tentu saja, ini bukanlah hal yang baik, dan sebaiknya dihindari.

7. Overthinking

Berpikir (Troubles-psychiques)
Berpikir (Troubles-psychiques)

Mungkin kamu berpikir bahwa orang jenius biasanya penuh percaya diri. Kenyataannya adalah, para jenius biasanya penuh akan keraguan. Mereka tahu bahwa tak akan ada jawaban hitam dan putih, serta kebenaran akan sesuatu biasanya akan terus berubah. Sayangnya, ini juga memicu mereka untuk selalu merasa tak percaya diri. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Lihat Gerhana Matahari Bisa Kena Penyakit, Ini Tips Menghindarinya

5 Film Berdurasi Paling Lama di Dunia