5 Fungsi Lain Telur yang Belum Kamu Tahu


Telur sudah menjadi bahan makanan yang sering kita lihat sehari-hari. Bahkan mungkin saja kita tiap hari disuguhkan makanan yang terbuat dari telur. Namun tahukah kamu, kalau ternyata telur memiliki fungsi lain selain dimakan? Dilansir dari Identitasnet, Selasa (15/3/2016), berikut adalah 5 fungsi lain dari telur yang belum kamu tahu.

1. Sebagai produk kecantikan

Telur untuk kecantikan (Annunaki)
Telur untuk kecantikan (Annunaki)

Telur memang dapat membantu kita dalam merawat tubuh kita. Misalnya pada rambut, karena telur memiliki protein yang mirip dengan rambut, kamu bisa menggunakan kuning telur dengan campuran minyak zaitun untuk memperbaiki rambut kamu terutama rambut yang gampang kering. Bukan hanya pada rambut, telur juga dapat membantu kamu merawat wajahmu agar halus, memperlambat penuaan, dan menyegarkan kulit wajah. Putih dan kuning telur, masing-masing dari mereka memiliki fungsi yang berbeda. Putih telur dapat kamu gunakan untuk membersihkan, menunda penuaan kulit, dan menghaluskan kulit wajah. Berbeda dengan putih telur, kuning telur digunakan untuk kamu yang memiliki wajah yang mudah kering.

2. Sebagai pengganti lem

Telur sebagai pengganti lem (Identitas)
Telur sebagai pengganti lem (Identitas)

Kamu punya tugas kerajinan tangan dan kehabisan lem? Tak perlu jauh-jauh ke toko buku untuk beli lem, cukup gunakan telur saja. Bagian telur yang dipakai adalah putih telur. Putih telur diketahui cukup lengket saat mengering.

3. Sebagai pupuk tanaman

Telur jadi pupuk tanaman (Bali-green)
Telur jadi pupuk tanaman (Bali-green)

Karena kulit telur menggandung kalsium yang tinggi, maka kulit telur ini kamu bisa jadikan pupuk untuk tanaman-tanaman kesayangan kamu. Cukup dengan mencucinya dengan air panas, setelah itu kamu tanamkan kulit telur itu ke tanah, maka tanaman-tanaman kesayanganmu akan tumbuh.

4. Sebagai alat pertolongan pertama

Ilustrasi pertolongan pertama (Okipos)
Ilustrasi pertolongan pertama (Okipos)

Jika kamu sedang memotong buah atau sayuran dan tidak sengaja tangan kamu terkena pisau, kamu tak perlu panik. Kamu bisa menggunakan kulit telur yang telah direbus untuk mengobatinya. Membran yang ada di dalam kulit telur menghentingkan pendarahan dan memiliki nutrisi untuk menghilangkan bekas luka.

5. Sebagai pembersih produk kulit

Telur buat semir (Identitas)
Telur buat semir (Identitas)

Selain membersihkan wajah, telur juga bisa digunakan untuk membersihkan segala produk yang terbuat dari kulit, seperti misalnya sepatu, dompet, dan produk lainnya. Cukup gosokkan putih telur dan kemudian bersihkan dengan kain basah maka dompet atau separu kamu akan terlihat lebih mengkilap. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak