5 Kuliner yang Populer Saat Ramadan


Saat bulan Ramadan terdapat menu-menu makanan dan minuman yang menjadi populer di masyarakat. Menu tersebut terhidang saat datangnya waktu berbuka puasa. Meskipun makanan atau minuman itu mudah dijumpai saat selain bulan puasa, namun ketenarannya tidak seperti saat Ramadan. Bahkan, makanan atau minuman tersebut muncul seiring menjamurnya pedagang musiman yang hanya berjualan pada bulan Ramadan saja. Dilansir dari Arahcom, Selasa (7/6/2016), berikut adalah 5 kuliner yang populer saat Ramadan.

1. Kolak

Kolak (Nalacita)
Kolak (Nalacita)

Bisa dibilang kalau kuliner ini adalah yang paling populer saat Ramadan. Makanan ini berbahan dasar buah pisang dan ubi jalar. Direbus dengan air santan kelapa dan dibumbui gula aren. Ada juga campuran kolak pisang dengan kolang kaling, labu dan sebagainya.

2. Es cendol

Cendol (Buntik)
Cendol (Buntik)

Cendol adalah salah satu minuman yang telah ada sejak zaman dahulu. Keberadaannya sangat dicari ketika momen Ramadan datang. Minuman ini terbuat dari tepung beras disajikan dengan santan, gula merah dan es batu. Sementara cendol sendiri berasal dari daerah Jawa Barat berasal dari kata â??ngajendolâ??. Tapi kalau di Jawa Tengah cendol lebih dikenal sebagai es dawet.

3. Es campur

Es campur (Dapuranda)
Es campur (Dapuranda)

Selain harganya yang terjangkau, rasa dari es campur ini juga meleleh di lidah, sehingga cocok untuk melepas dahaga setelah berpuasa. Paduan dari campuran bahan berupa cincau, cendol, kolang kaling, es pasak, susu dan sirup menyatu menjadi hidangan yang pasti dibeli saat datang waktu buka.

4. Es blewah

Es blewah (Vandabundadea)
Es blewah (Vandabundadea)

Es blewah adalah minuman segar dan paling menyegarkan di antara es lain. Apalagi bahannya cukup dari buah blewah, pemanis dan es. Selain menyegarkan, minuman ini termasuk minuman yang menyehatkan karena kandungan vitamin dalam buahnya.

5. Sop buah

Sop buah (Resephariini)
Sop buah (Resephariini)

Sop buah adalah minuman paling istimewa dari semua es. Tidak saja rasanya tapi memang kombinasi bahan di dalamnya yang terdiri dari macam-macam buah. Banyak varian sop buah jika kita temui di lapangan, tapi umunya terdiri dari buah melon, semangka, stroberi, alpukat, buah naga, apel, hingga rumput laut. Dipadu dengan susu, sirup, dan es batu, membuatnya tampil cantik dan pas untuk berbuka puasa. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak