Naik Transportasi Umum di Jakarta Kini Lebih Cepat dan Mudah Pakai Aplikasi Ini


Kompas

Hingga saat ini, masalah kemacetan di Jakarta belum mampu terpecahkan dalam waktu singkat. Pemerintah pun saat ini tengah berupaya mengatasi hal ini, salah satunya dengan menggalakan penggunaan angkutan umum demi mengurai kemacetan. Beragam angkutan umum di Jakarta pun diperbarui menjadi semakin nyaman.

Namun, segala rute angkutan yang berbeda, banyaknya tipe angkutan dan tarif, termasuk kurangnya informasi, menjadikan orang merasa malas dan bingung untuk menggunakan alat transportasi masal tersebut. Faktanya hanya 27 persen dari 30 juta populasi di ibu kota yang menggunakan angkutan umum.

Seiring berkembangnya teknologi, kamu tak perlu lagi bingung jika hendak bepergian menggunaan transportasi umum. Sebab, ada sebuah terobosan yang memanfaatkan teknologi siap membantumu. Namanya Apaja. Apaja alias Aplikasi Navigasi Angkutan Umum di Jakarta merupakan sebuah aplikasi sosial navigasi yang berfokus pada angkutan umum di Jakarta yang menghadirkan solusi lengkap untuk pengguna angkutan umum.

kilatstorage.com
kilatstorage.com

Dilansir dari DailySocial, Apaja menyajikan beragam fitur yang dapat unduh di Google Play Store secara gratis untuk pengguna Android atau bisa dibuka via aplikasi browser di PC maupun smartphone. Sistem navigasi Apaja memungkinkan penggunanya untuk bernavigasi dengan mudah di Jakarta menggunakan KRL, TransJakarta, Metromini, Kopaja hingga Kopami. Uniknya, kamu bisa melihat rute, estimasi waktu hingga tarif menuju lokasi.

apaja

Bagi para pengguna komuter, Apaja menyediakan Jadwal Kereta untuk semua stasiun di Jabodetabek. Rute-rute yang terintegrasi meliputi seluruh area DKI Jakarta dan terkoneksi dengan daerah suburban (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Menariknya, sebagai social platform, Apaja juga menyediakan Sistem Lapor yang didesain agar pengguna dapat berkontribusi dengan memberikan informasi mengenai situasi di lapangan seperti seberapa ramainya stasiun, jika supir melakukan kebiasaan buruk seperti ngetem, oper penumpang, ugal-ugalan dll, hingga jika ada data atau rute yang salah. Sangat membantu bukan?

DailySocial

Lantas siapa sih yang menciptakan aplikasi super bermanfaat ini? Dialah Robin Dutheil, pria berkebangsaan Perancis  yang sangat mencintai Indonesia. Dilansir dari CNN Indonesia, Rubin memiliki visi mulia membantu warga Indonesia, terutama Jakarta untuk memperoleh kemudahan dalam menggunakan transportasi umum.

Bermodal kecintaannya terhadap dunia backpack, Robin menjelajah tempat satu ke tempat lain. Ia menemukan kesenangan tersendiri ketika diajak seorang teman mengarungi Jakarta menggunakan angkutan umum. Berbekal background dan pengalamannya dalam Multimedia Project Management, Robin kemudian membangun bisnis startup Apaja ini. Aplikasi ini pun sudah mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Nah, JBers, jika warga asing mampu memberikan kontibusi untuk Indonesia, kamu jangan mau kalah, ya!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak