Dont be Captious

6 Tips merawat Motor Matic Injeksi Agar Terjaga Performanya

Motor Honda terbaru khususnya jenis matic memang memiliki pesona tersendiri bagi penggunanya. Tidak heran jika motor matic Honda senantiasa mengalami penjualan yang semakin meningkat tajam semenjak pertama kali diluncurkan. Motor Honda terbaru jenis matic injeksi cocok digunakan untuk jarak jauh maupun dekat, oleh perempuan maupun laki-laki, muda maupun tua.

Hal ini karena motor matic injeksi sangat mudah dioperasikan yakni hanya tinggal memainkan gas dan rem. Sebenarnya merawat motor Honda terbaru jenis matic injeksi tidak terlalu berbeda dengan motor biasa/ non matic. Namun supaya performanya untuk berkendara tetap prima anda harus merawatnya dengan baik, seperti berikut: 

  1. Bahan bakar

Pastikan bahan bakar motor Honda terbaru anda isi sebelum jarum indikator menunjukkan posisi empty (E) karena bisa menyebabkan hal buruk pada pompa injektor. Untuk itu jagalah jangan sampai bahan bakar anda kosong.

  1. Memanaskan mesin matic

Sebelum menggunakannya di pagi hari sebaiknya anda tidak lupa membiasakan diri memanaskan motor Honda terbaru matic milik anda sekitar 5 hingga 10 menit. Jika ada tergesa-gesa dan ingin menggunakannya langsung tanpa pemanasan, maka anda bisa menyalakan dan menjalankan motor namun jangan langsung melaju dengan kencang.

Anda bisa melaju dengan kecepatan pelan terlebih dahulu yang sama fungsinya untuk memanaskan mesin. Sehingga oli bisa melumasi dan bekerja ke seluruh elemen mesin dengan lebih baik. Pasalnya ketika mesin motor mati, oli tidak dapat mencapai bagian mesin motor sampai motor tersebut siap dipakai.

  1. Periksa dan ganti oli secara berkala

Cek kondisi oli baik oli transmisi maupun mesin dan lakukan penggantian secara berkala. Jangan sampai oli anda over pemakaian atau malah kurang sehingga mengganggu kenyamanan anda saat berkendara. Anda dapat merujuk pada buku panduan penggunaan motor Honda terbaru jenis matic anda.

  1. Periksa kondisi aki dan busi secara rutin

Aki dan busi merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah motor. Untuk itu pastikan busi dalam kondisi bersih dan baik supaya pengapian motor juga terjaga baik. Selain itu periksa bagian aki dan jika mati segeralah menggantinya.

Saat mencuci motor Honda terbaru jenis matic sebaiknya throttle body dan ECM basah berlebihan sebab bisa merusak bagian tersebut.

  1. Servis secara berkala

Untuk menjaga performa mesin sehingga nyaman dan awet ketika dikendarai, lakukan servis motor matic secara berkala di bengkel resmi Honda. Ketika servis berkala mintalah mekanik untuk membersihkan ruang transmisi bila sudah kotor.

Periksa van belt matic sebelum berkendara jauh dan ganti jika bagian tersebut sudah berat dan keras tarikannya. Sebab van belt berfungsi layaknya rantai pada motor matic yang jika rusak bisa mengganggu kinerja motor.

  1. Biasakan berperilaku baik ketika berkendara

Performa motor matic juga dapat dipengaruhi oleh performa motor matik, untuk itu hindari tancap gas secara mendadak dan mengerem secara tiba-tiba. Sebab perilaku ini berpengaruh terhadap kinerja transmisi motor matic yang membuatnya gampang mengalami aus. (jow)

Apa Komentarmu
Loading...