Fenomena-fenomena Langit yang Bakal Terjadi Bulan November Ini


Pemandangan langit di November akan sangat menakjubkan bagi para penikmat bintang. Berikut adalah beberapa kejadian langit yang diramalkan akan terjadi pada November 2016, seperti dilansir dari Mirror, Senin (7/11/2016).

Mars di Samping Bulan

Bulan dan Mars (Science Alert)
Bulan dan Mars (Science Alert)

Dua hari yaitu pada 5-6 November, kamu bakal melihat Planet Merah bersanding dengan bulan sabit. Mars mungkin akan terlihat di sebelah kiri pada malam pertama kemudian bergerak ke bawah pada malam kedua. Kamu bisa menikmatinya dengan lebih baik menggunakan teropong.

Hujan Meteor Taurid

Ilustrasi Hujan Meteor Taurid (In5d)
Ilustrasi Hujan Meteor Taurid (In5d)

Kamu bisa melihat puncak hujan meteor pada 11 November. Hujan meteor ini datang dari konstelasi Taurus dan dihubungkan dengan komet Encke. Hujan Meteor Taurid dipercaya berasal dari satu komet yang terpecah belah beberapa tahun lalu. Karena jatuh pada awal November, hujan meteor ini juga dikenal sebagai Halloween Fireballs.

Supermoon

Supermoon (ABC News)
Supermoon (ABC News)

Kamu bisa melihat supermoon terbesar dalam 70 tahun pada 14 November nanti. â??Bulan purnama 14 November bukan hanya yang terdekat di 2016 tetapi juga yang terdekat di abad ke-21. Bulan purnama itu tidak akan datang lagi hingga 25 November 2034â? ujar Badan Antariksa Amerika (NASA).

Hujan Meteor Leonid

Ilustrasi Hujan Meteor Leonid (Space)
Ilustrasi Hujan Meteor Leonid (Space)

Hujan meteor kedua yang akan menghiasi langit adalah Leonid. Sebanyak 15 meteor akan jatuh dalam satu jam. Biasanya meteor ini memang jatuh pada pertengahan November karena bumi mendekati debu dari komet Tempel-Tuttle. Tahun lalu, 13 ton debu dan partikel baru memasuki atmosfer Bumi selama hujan meteor ini. Diperkirakan hujan meteor ini akan terjadi pada 16 November.

Jupiter dan Bulan

Jupiter dan Bulan (Lilspaceoddities)
Jupiter dan Bulan (Lilspaceoddities)

Planet terbesar di Bimasakti akan mendekati Bulan hanya dalam jarak 2 derajat di langit. Jupiter akan berada di bawah Bulan sabit yang menghadap tenggara. Diperkirakan fenomena ini akan terlihat pada 25 November. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak