Kembali ke Dunia Musik, Gita Gutawa Siapkan Proyek Idealis


Resmi meraih gelar S1 jurusan ekonomi dari Universitas Birmingham dan S2 dari London School of Economics and Political Science (LSE), penyanyi Gita Gutawa akhirnya kembali ke dunia musik. Sebagai tanda kembalinya dia ke dunia musik, Gita kemudian membuat proyek musik dan berbagi ilmu bernama “Gita Puja Indonesia”, yang merupakan apresiasi Gita terhadap lagu-lagu himne Indonesia, sekaligus menularkan semangat berbagi.

“Perlu disadari bahwa tidak semua bangsa memiliki begitu banyak repertoar Lagu Nasional. Bangsa Indonesia adalah salah satu yang beruntung, memiliki lagu-lagu yang penuh arti, cerminan akan perjuangan masa lalu, dan menjadi bagian dari sejarah. Dan nyatanya, dalam sejarah Indonesia, lagu-lagu ini punya peranan penting dalam mendorong rasa nasionalisme serta menyebarkan paham ke-Indonesia-an dan bahasa Indonesia,” kata Gita seperti dikutip dari Metrotvnewscom, Kamis (15/12/2016).

View this post on Instagram

Good day. ??#Sydney

A post shared by Gita Gutawa (@gitagut) on

“Hal ini menunjukkan kekuatan musik tak hanya sebagai hiburan belaka. Akan tetapi juga sebagai medium yang mampu menimbulkan semangat dan menggerakan perasaan,” ungkap Gita.

Rupanya, proyek ini sudah direncanakan Gita setelah dirinya menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Inggris. “Jadi waktu pulang kuliah memang pengen bikin sesuatu dan aku nggak mau cuma project yang komersil, mau sedikit idealis lah. Indonesia ini hebat dan unik karena punya banyak sekali lagu nasional. Di Inggris itu nggak banyak lagu nasional karena mereka cuma punya lagu kebangsaan. Dan Gita Puja ini kata lain dari Hymne, jadi aku kumpulin lagu hymne Indonesia yang kunyanyikan ulang,” cerita Gita.

Salah satu hasil dari proyek Gita Puja Indonesia adalah dirilisnya lagu “Terima Kasihku” ciptaan Sri Widodo yang dinyanyikan Gita dengan aransemen orkestra Erwin Gutawa. Lagu itu dirilis bertepatan dengan Hari Guru, pada 25 November lalu.

Putri musisi Erwin Gutawa menjelaskan jika dia memilih hymne karena lebih cocok dengan suara dan memang dia sukai. Tak main-main, lagu “Terima Kasihku” ini melakukan proses rekaman orkestra di Praha, Ceko. Rupanya hal itu dilakukan Gita dengan meminta tolong sang ayah yang semuanya dilakukan dengan proses teknologi digital di mana Gita tak perlu terbang ke Praha.

“Aku memang sangat peduli dengan hal seperti ini. Aku juga nyanyi nggak semata-mata memikirkan uang aja. Musik tuh punya kekuatan yang lebih dan nggak hanya soal ekonomi, tapi juga cerita sosial. Jadi soal project Gita Puja Indonesia, bakal dapat banyak support karena musik dalam sejarah Indonesia, sejak dulu sudah mampu menyatukan perbedaan,” tuturnya.

Berikut ini video lirik dari lagu “Terima Kasihku”.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak