Tak Ada Tentara, Negara Ini Justru Jadi Paling Aman Sedunia


Dari banyaknya negara di dunia, nama Andorra bisa dibilang sebagai salah satu yang paling jarang didengar. Meski jarang terdengar, faktanya Andorra yang berada di Eropa ini merupakan negara nomor 14 tertua di dunia.

Keunikan dari negara ini ternyata tak hanya berasal dari luasnya yang sangat mungil atau mungkin umurnya, tapi juga hal-hal menarik lainnya. Misalnya adalah tentang keamanan. Negara ini rupanya diklaim sebagai negara paling aman sedunia, padahal negara ini tidak memiliki militer.

Lokasi Andorra (Kaskus)

Saking amannya, Andorra sering disebut-sebut sebagai destinasi yang tepat untuk dikunjungi ketika Perang Dunia III pecah. Alasannya tak lain karena negara satu ini memang aman luar biasa. Ibaratnya seperti sebuah daerah dengan tembok tinggi menjulang yang mencegahnya dari segala hal.

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, alasan kenapa Andorra sangat aman bukan karena militer yang begitu kuat atau semacamnya, tapi, lebih karena sikap mereka yang netral. Ya, hal ini ternyata membuat Andorra tak pernah tersentuh intervensi negara-negara asing selama ratusan tahun. Sikap tidak memihak yang mereka lakukan pun tak memunculkan konflik dalam negeri sendiri. Percaya tidak percaya, tapi di Andorra sudah tak pernah terjadi konflik sejak seribu tahun lalu.

Menjadi negara paling aman, jelas saja tingkat kriminal di negara ini sangat rendah. Selama bertahun-tahun Andorra begitu sepi kejahatan. Bahkan menurut data yang ada, di sini pertumbuhan angka kriminalitasnya hampir nol persen. Oleh karena itu, negara ini begitu populer di kalangan turis karena sangat jarang terjadi aksi kriminal.

Polisi Andorra (Wikimedia)

Seperti disebutkan sebelumnya, negara ini sama sekali tidak memiliki militer. Namun tetap saja tidak ada yang berani macam-macam dengan Andorra. Alasannya tak lain karena negeri damai ini punya dua pengawal kuat yang siap melindunginya dari segala macam ancaman, yaitu militer dari negara tetangganya, Prancis dan Spanyol. Ketiga negara ini memang terlibat semacam komitmen untuk saling melindungi satu dan lainnya. Sebagai informasi, Prancis dan Spanyol adalah negara paling hebat soal militer di ranah Eropa.

Militer Prancis (YouTube)

Dengan nuansa yang menyenangkan serta kondisi aman luar dalam, para penduduknya bisa menikmati hidup yang sebenar-benarnya. Hal ini berpengaruh pada harapan hidup warga Andorra, yang termasuk sangat tinggi, bahkan paling tinggi sedunia. Menurut data yang ada, rata-rata umur orang Andorra itu cukup panjang. Kurang lebih sekitar 82 tahun. Angka tersebut cukup jauh jika dibandingkan dengan harapan hidup Indonesia, yang memiliki harapan hidup selama 70 tahun.

Warga Andorra (Flickr)

Meskipun bukan negara terkaya, namun kehidupan di Andorra ini begitu makmur. Alasannya tak lain karena sektor pariwisata mereka yang luar biasa. Negara ini penduduknya hanya sekitar 85 ribu saja, tapi dikunjungi lebih dari 10 juta orang per tahun.

Pemerintah Andorra memang sangat serius di bidang pariwisata. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tempat-tempat menyenangkan yang didirikan. Mulai dari hotel, resort, tempat ski dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pemerintah sana juga menghapus segala pajak, sehingga negara ini juga jadi surga belanja yang luar biasa.

Andorra (Kaskus)

Kalau kamu berencana untuk liburan ke luar negeri, tak ada salahnya menjadikan Andorra sebagai salah satu destinasi wisata kamu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak