Cara Menghapus Informasi Pribadi dari Hasil Pencarian Google

Tantri

Sobat JBers, jika kamu menggunakan Google untuk mencari nama, alamat, atau nomor telepon, kamu mungkin terkejut melihat banyak hasil yang mengandung informasi pribadi kamu di sana. Namun, Google memiliki fitur tersembunyi yang akan memberi tahu kamu ketika menemukan hasil tersebut yang memungkinkan kamu bisa menghapusnya dari hasil pencarian tersebut.

Google memiliki pangsa pasar pencarian sekitar 83%, jauh di depan pesaingnya seperti Bing milik Microsoft, Yahoo, dan DuckDuckGo, menurut Statista. Data ini menunjukkan bahwa orang yang mencari informasi mungkin akan mencoba Google terlebih dahulu dibandingkan mesin pencari lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara untuk menghapus data-data pribadi yang masuk ke dalam pencarian Google. Cara ini berbeda dengan sekedar meminta Google untuk menghapus hasil pencarian pribadi. Sebaliknya, fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk mencari nomor telepon, email, dan alamat rumah kamu secara proaktif. Setelah menemukannya, kamu dapat meminta Google untuk menghapusnya dari hasil pencarian.

Namun perlu kamu pahami jika cara ini membuat Google tidak menghilangkan data kamu dari internet; sebaliknya, Google hanya menghilangkan data kamu dari hasil pencarian Google, membuatnya lebih sulit bagi orang lain untuk menemukannya.

BACA JUGA: 4 Aplikasi Pelindung Privasi di Handphone yang Wajib Kamu Install

Mengapa Menghapus Informasi Pribadi di Google Sangat Penting?

Orang biasa, seperti kebanyakan dari kita, mungkin tidak ingin informasi pribadi kamu dengan mudah didapatkan oleh orang lain. Mungkin seseorang yang tidak kamu kenal mulai mengikuti kamu dalam kehidupan nyata, atau di media sosial.

Ada kemungkinan bahwa calon bos menggunakan Google untuk menemukan informasi kamu saat kamu melamar pekerjaan. Akan sangat membantu jika kamu memiliki kontrol atas informasi yang ada tentang kita di luar sana, termasuk situasi seperti ini.

Kamu mungkin tidak nyaman jika orang lain tahu alamat rumah, nomor telepon, atau alamat email kamu. Namun, dalam beberapa kasus, informasi ini bahkan dapat digunakan untuk pencurian identitas. Bahkan ada situs web yang menyimpan sebagian besar data pribadi orang, seperti alamat, nomor telepon, dan alamat email kamu. Situs web lain, seperti situs pengecekan latar belakang, dapat menemukan informasi seperti apakah kamu memiliki catatan pidana, apakah kamu telah bercerai, dan bahkan berapa banyak uang yang kamuhasilkan. Selain itu, kebanyakan situs web ini menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk bisa diakses.

Meskipun informasi kamu dapat ditemukan di situs lain selain Google, menghapus semua data Google akan membuatnya jauh lebih sulit ditemukan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk meluangkan waktu untuk menghapus data pribadi kamu dari mesin pencari jika kamu merasa bahwa data kamu mudah diakses.

Jenis Informasi yang Dapat Dihapus dari Pencarian Google

Sebelum kita lanjut ke pembahasan tentang cara menghapus informasi pribadi dari hasil pencarian Google, perlu kita ketahui apa saja jenis-jenis informasi yang bisa dihapus. Berikut adalah daftarnya:

  • Alamat
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Nomor identifikasi (ID) rahasia yang diterbitkan oleh pemerintah, seperti nomor Jaminan Sosial atau nomor pajak
  • Nomor kartu identitas (KTP) rahasia
  • Nomor rekening bank atau kartu kredit

Cara Menghapus Informasi Pribadi dari Hasil Pencarian Google

  1. Cari nama Anda di Google.
  2. Klik pada tiga titik vertikal di sebelah situs web yang informasinya ingin kamu hapus.
  3. Tekan “Hapus hasil” di kanan atas.
  4. Pilih “Ini menunjukkan info kontak pribadi saya.”.
  5. Ketikkan nama kamu dan informasi kontak yang cocok dengan apa yang ingin kamu hapus.
  6. Klik “Lanjutkan.” lalu “Kirim.”

Setelah kamu menyelesaikan panduan diatas, Google akan mengecek apakah permintaan tersebut benar-benar dilakukan oleh kamu sebagai pemilik data tersebut. Setelah semuanya sesuai maka informasi pribadi kamu akan dihapus dari hasil pencarian Google dalam waktu 7 hari.

Tips Agar Permintaan Penghapusan Data Disetujui

  • Pastikan informasi pribadi yang kamu minta untuk dihapus memang benar-benar informasi pribadi kamu.
  • Berikan bukti yang mendukung bahwa informasi pribadi tersebut bersifat sensitif atau membahayakan.
  • Jika kamu adalah korban penipuan atau pelecehan, sertakan informasi tersebut dalam permintaan kamu.

Kesimpulan

Menghapus informasi pribadi dari Google dan mesin pencari lainnya adalah langkah penting dalam melindungi privasi online kamu. Proses ini melibatkan beberapa langkah serta mengisi formulir penghapusan informasi jika diperlukan. Selain itu, kamu juga perlu memantau secara teratur kehadiran online kamu dan menjaga informasi pribadi kamu tetap pribadi. Jika informasi kamu tidak dapat dihapus secara mandiri, kamu mungkin perlu mencari bantuan profesional atau bahkan mengambil langkah hukum. Dengan langkah-langkah yang sudah dibahas pada artikel ini, kamu dapat mengontrol informasi yang tersedia tentang kamu secara online.

BACA JUGA: 5 Aplikasi penting untuk lindungi privasi kamu untuk HP Android

Bagikan:

Tantri

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.