Rekomendasi 10 Aplikasi Desain Grafis di HP Android

Sekarang ini, desain grafis menjadi salah satu profesi yang banyak diminati dan dibutuhkan oleh semua perusahaan. Pasalnya, kebutuhan desain untuk bisnis sangat penting demi menarik perhatian calon konsumen. Maka dari itu, aplikasi desain grafis merupakan alat yang wajib dimiliki oleh seorang desain grafis.

Namun, banyak aplikasi yang hanya bisa digunakan lewat laptop atau komputer saja. Hal ini menjadi sebuah kendala karena tidak semua mempunyai PC. Meski begitu, perkembangan teknologi saat ini sudah berhasil menjawab tantangan dan kebutuhan bagi pekerja desain grafis karena telah hadir aplikasi desain grafis untuk HP android.

Kini, sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa dipilih dan digunakan. Namun, tidak semua aplikasi menawarkan fitur-fitur canggih yang bisa mendukung kreativitas Anda.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena pada pembahasan artikel kali ini akan diberikan rekomendasi aplikasi desain grafis yang mempunyai fitur sangat mumpuni untuk editing di HP android. Berikut rekomendasinya untuk Anda!

Apa Itu Aplikasi Desain Grafis?

Sebelum masuk ke rekomendasinya, lebih baik diberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai aplikasi desain grafis. Aplikasi desain grafis adalah sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengelola elemen grafis seperti gambar, ilustrasi, dan desain visual.

Aplikasi semacam ini dirancang khusus untuk memberikan alat dan fitur kepada pengguna yang diperlukan untuk menghasilkan karya grafis yang kreatif dan profesional. Biasanya, di dalam aplikasi akan ada beberapa fitur, seperti pengolahan gambar (kecerahan, kontras, penyesuaian warna, dan lainnya) serta alat ilustrasi dan desain visual.

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis di HP Android

1. Canva

Hampir semua orang sudah tahu dan mengenal aplikasi desain satu ini. Ya, aplikasi ini adalah Canva yang akan membantu Anda untuk membuat desain ciamik dengan sangat mudah. Ratusan hingga ribuan template pun sudah tersedia di aplikasi untuk membuat logo, postingan instagram, presentasi, dokumen, sertifikat, dan lain sebagainya.

Selain desain menggunakan template yang tersedia, Anda juga bisa desain mandiri dengan berbagai tools yang disediakan. Tools yang tersedia pun sudah sangat lengkap untuk mendukung kebutuhan desain pengguna.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk beberapa fitur. Namun, terdapat pula fitur-fitur yang premium, sehingga mengharuskan pengguna untuk membayar ketika ingin menggunakannya. Meski begitu, Canva tetap menjadi salah satu aplikasi desain yang sangat populer saat ini dan sangat mudah digunakan lewat smartphone.

2. PicsArt

Kehadiran PicsArt beberapa tahun lalu langsung booming dan populer di kalangan milenial. Tak heran, karena PicsArt menjadi salah satu aplikasi edit foto dan video all-in-one, sehingga orang-orang pun langsung tertarik untuk menggunakannya. Bahkan, fitur yang disediakan pun juga sudah sangat komplit untuk bikin desain, termasuk desain 3D.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah menyediakan efek-efek keren yang bisa ditambahkan di dalam desain grafis pengguna. Fitur untuk mempercantik desain pun sudah tersedia, seperti shadow, opacity, blend, color, dan lain sebagainya. 

Menariknya lagi, Anda juga bisa menambahkan teks dan stiker lucu di dalam desainnya. Terlebih lagi, kini sudah ada fitur AI Image Generator yang membuat gambar menjadi unik hanya dengan perintah teks saja. Apalagi, PicsArt bisa digunakan secara offline dengan menggunakan smartphone saja. Menarik, bukan?

3. AutoCAD

Apakah Anda mempunyai hobi untuk menggambar? Jika iya, AutoCAD menjadi pilihan terbaik yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi Anda dengan memanfaatkan dunia digitalisasi. Pasalnya, aplikasi ini akan membantu Anda untuk menggambar maupun membuat desain apapun.

Terlebih lagi, aplikasi desain grafis untuk android tersebut menawarkan fitur yang sangat lengkap dan menarik digunakan. Salah satunya, Anda bisa melihat setiap koordinat ketika sedang menggambar di aplikasi. Terdapat pula fitur-fitur dan tools yang dapat menunjang kreativitas Anda.

Menariknya lagi, pengguna bisa menyimpan hasil karya dengan format PDF atau DWF. Anda wajib mencoba aplikasi ini untuk menghasilkan karya yang super keren.

4. Desygner

Jika Anda masih pemula dan ingin membuat desain yang tampak seperti orang profesional, maka Desygner menjadi aplikasi terbaik yang bisa digunakan. Aplikasi ini sangat ringan di HP dan ramah bagi pemula. Mempunyai tampilan yang sangat user friendly, memungkinkan pengguna pemula lebih mudah untuk menggunakannya.

Hampir mirip dengan Canva, aplikasi ini juga menyediakan ratusan template dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Mulai dari template iklan, banner, postingan media sosial, dan lain sebagainya. Hal ini semakin membuat Anda lebih cepat untuk menghasilkan karya terbaik.

Desygner memang menjadi salah satu aplikasi desain grafis terbaik yang diperuntukkan bagi mereka untuk mendesain keperluan media sosial. Selain menggunakan template, aplikasi ini juga menyediakan tools untuk desain bebas mulai dari awal.

5. Adobe Photoshop Express

Bagi mereka yang sudah mahir dalam bidang desain, tentu tidak asing lagi dengan Adobe. Pasalnya, Adobe menjadi salah satu aplikasi edit foto yang sangat populer beberapa tahun lalu. Awalnya, Adobe hanya bisa digunakan melalui perangkat komputer dan laptop saja. Namun, sekarang Adobe telah meluncurkan aplikasi desain di perangkat Android.

Namanya Adobe Photoshop Express yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengedit foto. Anda juga bisa membuat desain grafis yang keren melalui tools-tools yang telah disediakan oleh aplikasi.

Selain itu, fitur yang tersedia juga sudah sangat lengkap untuk editing. Mulai dari photo enhancer, photo touch-up, dehaze pictures, erase background, dan masih banyak lagi. Bahkan, foto yang diedit bisa dijadikan kanvas dengan cara menambahkan teks dan stiker saja. 

6. Adobe Photoshop Lightroom CC

Masih lanjut lagi ke aplikasi edit foto besutan Adobe. Kali ini, ada Adobe Photoshop Lightroom CC yang akan membantu Anda untuk mengkreasikan foto dengan memanfaatkan fitur canggih dan menarik. Aplikasi ini pun sempat langsung viral di kalangan muda-mudi karena menawarkan editing foto yang luar biasa.

Di dalam aplikasi, Anda bisa mulai untuk mengedit dan mengatur cahaya foto supaya menjadi lebih bagus dan aesthetic. Cara kerja dan pemakaian yang sederhana, membuat pengguna lebih mudah untuk edit foto.

7. AirBrush

Selanjutnya ada AirBrush yang menjadi salah satu aplikasi desain grafis terbaik karena bisa membantu Anda untuk mempercantik foto dengan fitur keren di dalamnya. Aplikasi ini dirilis oleh MEITU yang memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal dalam mengedit foto.

AirBrush menawarkan fitur-fitur yang sudah sangat lengkap bagi pengguna. Mulai dari brighten eyes, lengthen, slim, perfect skin, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada pula fitur yang membuat pengguna bisa menambahkan gambar lain di dalam foto yang sedang diedit.

Bagaimana? Sangat menarik, bukan? Anda bisa langsung menggunakannya dengan download terlebih dahulu di Play Store.

8. 3DC.io – 3D Modeling

Selain AutoCAD yang memudahkan mereka dengan hobi menggambar, kini ada aplikasi 3D Modeling yang bisa digunakan melalui perangkat android. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang hobi menggambar 3D. Terlebih lagi, saat ini masih jarang aplikasi desain grafis 3D yang bisa digunakan melalui smartphone.

Kehadiran 3DC.io mampu menjawab kebutuhan mereka yang hobi menggambar 3D dan tidak mempunyai perangkat komputer. Tersedia berbagai fitur keren di dalamnya, membuat pengguna lebih mudah untuk menggambar dan mendesain.

Apalagi, aplikasi tersebut juga sangat user-friendly, sehingga sangat cocok bagi pemula yang baru terjun di dunia desain grafis. 

9. Vector Ink

Jenis karya desain grafis memang sangatlah banyak, tidak hanya gambar saja, melainkan ada pula ilustrasi vektor (gambar titik dan garis). Nah, untuk membuat ilustrasi vektor, kini sudah hadir aplikasi yang sangat mendukung dan menunjang, yakni Vector Ink.

Dirancang khusus untuk menghasilkan ilustrasi vektor, aplikasi ini sudah menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan pengguna. Mulai dari gradient tool, path builder tool, distribute, pen, draw, digital stylus, dan masih banyak lagi. Semua tools yang disediakan ini akan membantu pengguna untuk menghasilkan ilustrasi vektor keren.

Menariknya lagi, hasil karya Anda bisa disimpan ke beberapa format, mulai dari JPG, SVG, dan PNG. Sangat menarik, bukan?

10. Afterlight

Rekomendasi terakhir ada Afterlight yang juga termasuk aplikasi desain grafis terbaik saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi ini mempunyai 15 adjustments tools dan 59 filters. Bahkan, 66 textures juga sudah dibekali di dalam aplikasi dengan menghadirkan lebih dari 77 frames untuk mempercantik foto Anda.

Aplikasi edit foto untuk Android ini mampu menunjang kebutuhan pengguna. Dengan jumlah fitur yang sangat fantastis dengan tampilan yang user friendly, membuat pengguna semakin mudah menggunakannya. 

Nah, itulah beberapa kumpulan dan rekomendasi aplikasi desain grafis untuk HP android yang bisa Anda gunakan setiap harinya. Melalui aplikasi tersebut, dijamin semua kebutuhan desain Anda akan terpenuhi dengan hasil karya yang keren dan maksimal. Bagi pemula pun tidak perlu ragu untuk menggunakannya karena tools dan fitur yang disediakan mudah untuk digunakan serta ditambah dengan tampilan user friendly.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya?

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer