Filosofi di Balik Pemilihan Warna Seragam Sekolah Indonesia

Seperti yang sudah kamu ketahui, warna seragam sekolah khususnya sekolah negeri di Indonesia berbeda tiap tingkatannya. Untuk tingkat dasar (SD) memakai bawahan merah, tingkat menengah pertama (SMP) memakai bawahan biru, sedangkan untuk tingkat atas (SMA) memakai bawahan warna abu-abu.

Perbedaan warna di tiap tingkatan tersebut ternyata bukan tanpa alasan, dan memiliki filosofinya. Apa filosofi dari pemilihan warna tersebut sebagai seragam sekolah Indonesia? Berikut penjelasannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Seragam SD (Lyceum)

Untuk tingkat dasar, warna bawahan yang digunakan adalah warna merah. Warna merah ini dipilih karena menggambarkan keceriaan. Dengan menggunakan warna merah, diharapkan siswa-siswi tingkat dasar belajar di sekolah dengan ceria serta bersemangat.

Warna merah juga mempunyai kesan energi dan hasrat. Dengan memakai seragam bawahan warna merah, diharapkan bisa mendorong energi anak untuk bersekolah. Selain itu, diharapkan anak-anak memiliki antusias untuk bersekolah dan belajar.

Seragam SMP (Ayokepo)

Untuk tingkat menengah pertama, warna bawahan yang digunakan adalah biru. Warna biru ternyata menggambarkan percaya diri. Dengan menggunakan warna biru, diharapkan siswa-siswi SMP lebih percaya diri dan mandiri.

Siswa-siswi yang telah lulus dari tingkat dasar akan memasuki suasana baru di tingkat pertama. Mereka akan sedikit demi sedikit dituntut untuk percaya diri dan mandiri karena tentu saja sistem belajar mengajar akan berbeda dari saat mereka berada di tingkat dasar.

Warna biru juga melambangkan komunikasi. Maksudnya adalah siswa-siswi dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya, baik itu teman-temannya dan guru-guru, sehingga dapat membangun relasi yang baik. Tentu untuk dapat berkomunikasi dengan baik, seorang harus dapat memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Seragam SMA (Youthmanual)

Yang terakhir adalah tingkat atas. Tingkat atas atau yang kita kenal SMA memilih warna abu-abu sebagai warna bawahannya. Warna abu-abu menggambarkan kedewasaan. Sudah bisa ditebak jika siswa-siswi SMA harus lebih dewasa bukan hanya dari pemikiran maupun dari perbuatan mereka.

Siswa SMA dianggap sudah memiliki kedewasaan dalam bertindak, berpikir, dan berkata. Warna abu-abu pada bawahan ini dimaksudkan untuk membantu siswa dalam mencapai kedewasaannya tersebut. Selain itu, warna abu-abu juga dimaksudkan agar siswa dapat lebih tenang, dengan tujuan agar dapat berkonsentrasi dalam belajar. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Cantik dan Tangguh, Ini 5 TNI Wanita Idaman Para Pria

Asal Usul Groot, Sang Manusia Pohon Anggota Guardians of the Galaxy