Terungkap, Istilah Belum Lima Menit Tak Sepenuhnya Keliru


Mungkin kamu pernah atau sering mendengar istilah belum lima menit. Istilah itu muncul saat ada makanan yang sedang kamu makan tiba-tiba terjatuh ke lantai tapi makanan itu masih banyak dan sayang untuk dibuang, sehingga makanan yang jatuh ke lantai itu akhirnya diambil dan dimakan lagi.

Banyak yang bilang bahwa makanan yang sudah jatuh ke lantai jangan dimakan lagi, namun ada juga yang mengatakan bahwa makanan yang jatuh itu masih bisa dimakan selama belum lima menit.

Ilustrasi makanan jatuh ke lantai (Pixabay)

Istilah belum lima menit ini sebelumnya dianggap keliru. Namun, studi terbaru menyebutkan, makanan yang jatuh ke lantai biasanya aman untuk disantap, hanya saja bukan di bawah lima menit, melainkan di bawah prinsip “aturan lima detik”.

Dilansir dari The Sun, Kamis (16/3/2017), menurut ilmuwan, jumlah kuman yang menempel bervariasi, tergantung tipe makanan yang jatuh serta tipe permukaannya. Mereka menyimpulkan, kuman berbahaya tidak menempel bila makanan hanya jatuh beberapa detik di lantai dalam ruangan.

Kentang jatuh ke lantai (Pendekarbet)

Ilmuwan dari Aston University, Birmingham, berkesperimen dengan menempatkan 10 juta bakteri di atas ubin dan karpet. Jumlah kuman itu ratusan kali lebih banyak dari rumah biasa.

Mereka lalu menjatuhkan roti panggang, biskuit, pasta matang dan permen lengket, kemudian mencatat berapa banyak kuman yang menempel setelah 3 dan 30 detik. Roti dan biskuit mengandung 25 hingga 50 kuman di atas ubin, dan hanya 10 saat jatuh di karpet. Angka itu nyaris tidak berubah meski waktunya bertambah.

Mengambil permen yang jatuh di lantai (Kompas)

Pasta matang mengandung 2.500 kuman setelah jatuh selama tiga detik di atas ubin, lalu meningkat jadi 7.500 setelah dibiarkan selama 30 detik. Namun hanya ada 175 kuman yang menempel ketika pasta jatuh selama tiga detik di atas karpet, dan angkanya relatif konstan setelah 30 detik.

Tapi menyantap makanan yang jatuh ke lantai tentu tidak sepenuhnya bebas risiko. Profesor Anthony Hilton dari Aston University mengingatkan makanan yang jatuh ke permukaan kotor tidak boleh dimakan. Namun selama permukaan terlihat bersih, makanan seharusnya aman disantap bila hanya jatuh beberapa detik di lantai dalam ruangan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak