5 Lukisan Terkenal yang Menyimpan Kode Rahasia


Jika di masa lalu karya seni para maestro hanya diapresiasi keindahannya oleh para penikmat seni, di zaman modern kini lukisan-lukisan tersebut justru jadi objek analisis dan belakangan mengembangkan berbagai teori konspirasi yang tak ada habisnya. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 lukisan terkenal yang ternyata menyembunyikan kode rahasia.

Mona Lisa

Mona Lisa (History)

Selain misteri senyumannya, lukisan Mona Lisa masih menyimpan misteri lainnya. Jika dilihat di bawah mikroskop, ternyata mata wanita misterius ini juga menyembunyikan pesan rahasia. Para sejarawan Italia menemukan sederet angka dan abjad yang sudah pudar di mata Mona Lisa. Di mata sebelah kanan tampak huruf LV yang kemungkinan merupakan inisial sang pelukis, Leonardo da Vinci.

Sementara di mata kiri terdapat kombinasi huruf dan angka yang sudah nyaris tak terbaca lagi. Terdapat pula angka deretan empat angka yang terdiri dari angka 1, 4, 9, dan angka keempat yang dihapus. Kemungkinan angka ini menunjukkan keterangan bahwa da Vinci melukis Mona Lisa ketika dia berada di Milan pada tahun 1490-an.

The Last Supper

The Last Supper (LDS)

Lukisan yang menggambarkan adegan perjamuan terakhir antara Yesus Kristus dan keduabelas rasulnya itu menyimpan sejumlah pesan rahasia yang kemudian dikenal sebagai The da Vinci Codes, topik yang juga menjadi tema utama novel kontroversial berjudul sama.

Slavisa Pesci, seorang pakar teknologi informasi menciptakan efek visual yang menarik dengan meletakkan lukisan yang sudah dibalik di atas versi aslinya. Hasilnya adalah gambar baru yang mengejutkan. Muncul sosok ksatria Templar di ujung lukisan, sebuah cawan di tengah meja, dan seorang wanita yang sedang menggendong bayi di samping Yesus.

Giovanni Maria Pala, seorang musisi Italia mengindikasikan bahwa posisi tangan dan roti membentuk partitur berisi komposisi musik yang benar-benar bisa dimainkan. Sementara Sabrina Sforza Galitzia, seorang peneliti Vatikan mengaku kalau dia telah memecahkan teka-teki matematika dan astrologi yang tersembunyi dari lukisan kontroversial tersebut.

The Creation of Adam

The Creation of Adam (Wikipedia)

Lukisan yang menggambarkan penciptaan Adam oleh Tuhan ini barangkali merupakan karya seni paling dikenal dari pelukis Michelangelo yang menghiasi langit-langit Biara Sistine.

Sejumlah pakar neuroanatomi dari Amerika Serikat percaya jika gambar Tuhan di sebelah kanan lukisan merupakan lukisan dari otak manusia yang sengaja disamarkan. Pasalnya, pola-pola yang terlihat dalam lukisan memang sama persis dengan bagian penampang otak manusia. Kebetulan Michelangelo pernah belajar anatomi dan mulai melakukan pembedahan terhadap jenazah untuk pelajaran sejak usia 17 tahun.

Netherlandish Proverbs

Netherlandish Proverbs (Wikipedia)

“Netherlandish Proverbs” adalah lukisan yang dibuat oleh Pieter Bruegel, Sr. pada tahun 1559. Bruegel merupakan mastro seni lukis Renaissans Belanda dan Flem. Bruegel gemar memvisualisasikan pepatah-pepatah lama dalam karyanya. Dalam “Netherlandish Proverbs” saja ada lebih dari 125 peribahasa yang berhasil diidentifikasi.

Saat ini, “Netherlandish Proverbs” tergantung di Staatliche Museen Berlin, Jerman. Kemungkinan besar masih ada lebih banyak pepatah lagi yang tersembunyi di dalam lukisan tersebut.

La Primavera

La Primavera (Fahrenheitmagazine)

Lukisan ini dibuat oleh Sandro Botticelli pada tahun 1482. Lukisan ini menampilkan sejumlah karakter dalam mitologi Romawi, antara lain Venus, Flora, Merkurius, Zephyrus, dan tiga Kharites. Lukisan yang tadinya tak bernama ini diperkirakan menggambarkan musim semi. Ada juga yang menyebutnya sebagai simbol cinta neoplatonis.

Jika diteliti lebih jauh, terdapat lebih dari 500 spesies tanaman yang dilukiskan Botticelli dalam “La Primavera”. Para ahli botani sudah berhasil mengidentifikasi semuanya. 190 Di antaranya merupakan spesies bebungaan yang berasal dari berbagai negara. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
11
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak