BAGIKAN

Meski angkutan publik di Indonesia tak secanggih luar negeri, tetap saja Indonesia juga mengalami perkembangan yang signifikan untuk moda transportasi. Apalagi dengan kondisi geografis Indonesia berupa kepulauan. Sehingga keberadaan transportasi baik darat, laut, maupun udara sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa alat transportasi yang ada di Indonesia zaman dulu namun kini telah punah, seperti dilansir dari Kapanlagicom, Jumat (7/4/2017).

1. Iori wagon

Iori wagon (Tropenmuseum)

Sekitar tahun 1930-an di Aceh, warga pribumi dan Belanda menggunakan lori wagon sebagai alat transportasi. Alat ini memiliki bentuk seperti becak dengan model lebih sederhana.

2. Trem

Trem (Netherlands Fotomuseum)

Jika kamu sering menemui rel di jalanan tengah kota maka kamu perlu tahu bahwa dulunya itu adalah jalur trem. Trem mirip dengan kereta listrik yang hingga saat ini masih digunakan di luar negeri. Namun di Indonesia alat ini tak lagi digunakan.

3. Dokar atau andong

Dokar (Nusantara Tempo Dulu)

Kendaraan ini telah ada sejak zaman sejarah dan masih digunakan hingga saat ini, namun bentuknya sudah berubah, dan bentuk awal ini sudah tak digunakan lagi.

4. Perahu sungai

Perahu sungai (Nusantara Tempo Dulu)

Pernah ada juga transportasi air yang digunakan di kota-kota besar. Sayang saat ini kapal yang melalui sungai seperti gambar di atas sudah jarang digunakan.

5. Becak

Becak (Bettmann)

Sama seperti dokar, alat transportasi becak masih digunakan sampai saat ini, terutama di daerah pedesaan atau kota kecil. Tentu saja bentuk becak saat ini sudah berbeda dengan zaman dulu, meskipun masih mempertahankan ciri khasnya.

6. Helicak

Helicak (Pinterest)

Kendaraan yang mirip dengan bajaj atau bentor ini bernama helicak. Transportasi satu ini sempat booming pada tahun 1980-an namun kini sudah tak lagi digunakan.

7. Bus tingkat

Bus tingkat (Fourlook)

Mungkin saat ini bus tingkat jarang digunakan di dalam kota. Namun dulu bus tingkat pernah menjadi primadona atau transportasi utama terutama di pusat kota layaknya metromini.

8. Kereta api lokomotif

Kereta lokomotif (Galeri Sejarah)

Zaman dulu, transportasi kereta yang digunakan lebih banyak memakai kereta api lokomotif. Kini kereta seperti ini sudah tak ada lagi, dan lebih menggunakan kereta listrik. (tom)

Apa Komentarmu