Don't be Captious

Musisi-musisi Indonesia Ini Pernah Ciptakan Lagu Bernuansa Nasionalis

Musisi-musisi Indonesia dalam berkarya umumnya menciptakan lagu bertema tentang cinta. Namun tak sedikit pula dari mereka yang juga menciptakan lagu bertema nasionalis. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 musisi Indonesia yang pernah menciptakan lagu bertema nasionalis.

1. NTRL – Garuda di Dadaku

Lagu yang nada di bagian refrainnya terinspirasi “Apuse” ini merupakan OST dari film sepakbola berjudul sama. Kini “Garuda di Dadaku” adalah lagu wajib setiap pentas NTRL (biasanya jadi nomor terakhir, Bagus dan Coki selalu sedia floor tom) karena emang setiap dibawakan, para penonton bakal bersorak riuh, adrenalinnya terbakar. Persis seperti yang diinginkan Bagus-Coki-Eno.

2. Cokelat – Bendera

Bisa dibilang “Bendera” adalah lagu yang memacu musisi Indonesia lainnya agar mau menyisihkan sedikit waktu untuk merekam lagu bertema nasionalisme. Pada masanya, komposisi ciptaan Eross Candra ini teramat populer, bisa ditemukan di mana-mana jelang perayaan kemerdekaan, dibawakan banyak anak band sekolahan, bahkan video kipnya ada dua versi.

3. Drive ft. The Titans – Indonesia

Puja-puji bagi negeri sendiri bisa dimaklumi kehadirannya dalam sebuah karya musik, apalagi jika yang membawakannya adalah dua grup senior yang bernaung di label major. Contohnya seperti lagu “Indonesia” yang dibawakan oleh band Drive dan The Titans. Sayang kedua band itu kini sudah tak eksis lagi.

4. Saykoji – Merah Putih

Saykoji mewakili hip hop dalam daftar ini. Seperti judulnya, “Merah Putih” menyoroti tentang keberadaan dua warna dalam bendera kita itu sebagai pemersatu bangsa. Menjadi pengingat akan banyak orang yang lupa bahwa kita bangsa Indonesia masih satu darah.

5. Yovie and Friends – Kita Bisa

Kolaborasi ini terdiri dari Lala Karmela, Ello, Judika, Dygta, dengan Yovie Widianto sebagai pemandunya. Lagu ini menyerukan bahwa kita bangsa Indonesia bisa menjadi nomor satu dalam ajang SEA Games pada tahun 2011 lalu. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...