5 Orang Membanggakan yang Harumkan Nama Indonesia di Guinness Book of Records


Buku rekor dunia atau dalam bahasa kerennya sering disebut Guiness Book of Records, ternyata memuat segilintir orang Indonesia yang namanya terukir rapi di dalamnya. Ada siapa saja? Berikut 5 orang Indonesia yang masuk ke dalam Guinness Book of Records, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Kunto Hartono

Kunto Hartono (Tribunnews)

Kecintaan seorang Kunto Hartono terhadap musik drum seperti bukan isapan jempol belaka. Bahkan karena hal tersebutlah, namanya kini terukir manis di buku rekor dunia. Rekor tersebut adalah bermain drum selama 72 jam dimana saat itu ia juga mengiringi band Sheila On 7, The Groove, Wayang, dan Jikustik. Catatan Kunto mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Alvaro Lopez asal Amerika Latin yang mampu menabuh drum selama 60 jam pada tahun 2003 silam. Sebagai catatan, Kunto Hartono merupakan orang Indonesia kedua yang masuk dalam buku rekor dunia setelah Rudi Hartono.

2. Dominic Brian

Dominic Brian (Beatmag)

Brian sukses menghafal 76 deret angka hanya dalam waktu 60 detik saja. Pemecahan rekor ini dilaksanakan di Bali Zoo Park, Gianyar, Bali pada tahun 2009. Selain rekor tersebut, Brian juga pernah mencatatkan namanya dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam aksinya yang mampu menghafal 100 angka dalam 12 menit dan 52 kartu dalam 100 detik. Hebatnya, semua rekor tersebut diciptakan saat Brian baru menginjak usia 12 tahun.

3. Para penyelam Indonesia

Penyelam Indonesia (Ihsankamaludin)

Aksi luar biasa dilakukan para penyelam yang duduk di dasar laut di Pantai Malalayang, Manado. Sebanyak 2.861 penyelam mengikuti acara ini guna memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang penyelam Maladewa dengan 979 orang pada tahun 2006. Selama 31 menit berada di dasar air, akhirnya usaha dan kerja keras mereka terbayar tuntas berkat pengakuan dari pihak Guinness Book of Records. Uniknya, pembuatan rekor tersebut bertepatan dengan ulang tahun negara Indonesia yang ke-64.

4. Gita Gutawa

Gita Gutawa (CBN)

Pada tahun 2010 silam, anak dari Erwin Gutawa ini resmi dinobatkan sebagai penyanyi termuda yang menggelar konser tunggal dalam usianya yang saat itu baru menginjak 16 tahun 6 bulan. Sepertinya rekor itu kian menambah manis deretan prestasi yang pernah ditorehkan pelantun â??Harmoni Cintaâ? tersebut.

5. Rudi Hartono

Patung Rudi Hartono (Padatala)

Pria yang memiliki nama Chinese Nio Hap Liang ini mampu menjuarai All England selama 7 kali berturut-turut. Prestasi tersebut ia ukir selama periode 1968 sampai 1974. Sebenarnya Rudi berpeluang menjuarai kompetisi tersebut 9 kali, namun sayangnya pada tahun 1965 ia dikalahkan Svend Pri dari Denmark. Kini nama Rudi menjadi salah satu legenda bulutangkis dunia berkat 8 kali juara All England (7 kali berturut-turut). Sedikit informasi, Rudi Hartono merupakan orang Indonesia pertama yang masuk dalam buku rekor dunia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak