Don't be Captious

Sederet Prestasi Najwa Shihab Selama Menjadi Jurnalis

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Lewat akun Twitter resmi Najwa Shihab, @NajwaShihab, dia memberikan kabar mengejutkan. Najwa Shihab yang merupakan presenter “Mata Najwa” memutuskan untuk mengundurkan diri dari Metro TV.

“[Episode] ‘Eksklusif Bersama Novel Baswedan’ menjadi episode live terakhir Mata Najwa,” tulis Najwa.

Masih belum ada informasi tentang apa yang bakal dilakukan Najwa Shihab setelah tak lagi berada di Metro TV. Namun, dalam keterangannya, putri Quraish Shihab ini mengucapkan terima kasih atas pengalaman bekerja yang diberikan Metro TV.

Menjadi reporter Metro TV pada bulan Agustus 2000, perjalanan saya bersama Metro TV juga akan berakhir pada bulan yang sama. Ini adalah Agustus penghabisan,” tulis Najwa Shihab.

Selama menjadi presenter Metro TV, sudah banyak prestasi yang berhasil diraih oleh Najwa. Pembawa acara yang akrab dipanggil “Nana’’ ini memulai karirnya menjadi pemandu acara di sebuah stasiun televisi swasta RCTI. Kemudian pada tahun 2001 dia memutuskan bergabung dengan Metro TV. Alasannya dia merasa di sana minatnya di bidang jurnalistik dapat terjawab dengan baik.

Najwa Shihab (Izaybiografi)

Menjalani karir sebagai pembawa acara, Najwa Shihab tak lantas menyia-nyiakan kesempatannya begitu saja. Tercatat berbagai penghargaan telah dinobatkan padanya. Prestasi pertama yang ia raih yaitu penghargaan dari PWI Jaya dan PWI Pusat tahun 2005 atas laporannya terkait bencana Tsunami Aceh yang sempat ditayangkan pula oleh Metro TV tahun 2004 lalu.

Di tengah tragedi yang menimpa Aceh waktu itu, Najwa tanpa ragu datang dan melaporkan langsung dari tempat kejadian bencana. Liputan dan laporan yang dia lakukan dinilai telah memberikan andil yang besar dalam membangun rasa empati masyarakat luas atas terjadinya tragedi tersebut.

Najwa Shihab (Tribunnews)

Tahun 2006 Najwa kembali mendapat kesempatan untuk menjadi nominasi Pembaca Berita Terfavorit pada Penghargaan Panasonic Gobel Award sekaligus mendapat penghargaan menjadi Jurnalis terbaik di Metro TV. Tahun-tahun berikutnya Najwa hanya masuk sebagai nominasi Pembaca Berita Favorit dan Informasi di ajang penghargaan Panasonic Gobel Award. Hingga baru pada 2015 Najwa berkesempatan untuk memboyong piala Panasonic Gobel Award dengan nominasi yang sama.

Prestasi perempuan kelahiran Makassar ini tak hanya diakui di kancah Nasional. Beberapa penghargaan bergengsi tingkat Asia juga pernah diraihnya. Di antaranya yaitu Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs atau Talk Show Presenter tahun 2007 di Singapura.

Najwa Shihab (Tribunnews)

Tak berhenti di situ, Nana kembali menorehkan prestasinya dalam bentuk buku dengan judul “Catatan Najwa”. “Catatan Najwa” berisi refleksi Najwa Shihab terkait isu yang dibahas di program Mata Najwa. Dengan gaya rima yang khas, “Catatan Najwa” menggelitik dengan sindiran, menohok tajam, kadang seperti ajakan merenung. Itulah narasi-narasi terbaik “Mata Najwa” yang akan terus relevan dibaca kapan pun.

Berpenampilan menarik, cerdas dan memiliki segudang prestasi merupakan perpaduan sempurna bagi Najwa Shihab. Sosok Najwa Shihab tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari kecakapan, kecerdasan dan ketegasan dalam memandu acara menunjukkan bahwa masih ada tayangan yang layak untuk ditonton. Selain itu kiprah dan prestasi Najwa dalam bidangnya dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas. (tom)

Latest article