Dont be Captious
Fenomena alam unik di Indonesia (Fotor)

5 Fenomena Alam Unik di Tempat Wisata Ini Cuma Ada di Indonesia

Seperti yang sudah JB’ers ketahui, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata, baik itu wisata budaya yang unik dan tak ada di negara lain, maupun wisata alam dengan keindahan yang tiada duanya. Tak heran jika banyak destinasi wisata Indonesia bisa mendunia dan banyak turis asing tertarik untuk datang ke Indonesia. Di antara destinasi wisata alam di Indonesia itu, ada beberapa tempat wisata yang memiliki fenomena alam unik, dan fenomena itu hanya ada di Indonesia. Apa saja fenomena alam unik itu? Langsung saja lihat di bawah ini.

1. Fenomena api abadi

Api abadi di Desa Larangan Tokol (Famous)

Yang namanya api pasti bisa padam jika terkena air. Namun tidak demikian halnya dengan api yang berada di Madura ini. Api di sini dikenal dengan api abadi karena tak bisa padam meskipun diguyur hujan. Api yang berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura ini hanya berada di Indonesia, dan tak ada di negara lain. Dengan demikian api abadi ini bisa menjadi magnet agar menarik wisatawan asing.

2. Salju abadi

Puncak Cartenz (Famous)

Salju mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi negara-negara yang memiliki 4 musim seperti Eropa atau Amerika. Namun bagaimana jika salju ini ada di Indonesia? Menurut kamu mungkin mustahil, tapi salju benar-benar ada di Indonesia. Di Puncak Cartenz, Pegunungan Jayawijaya, Papua, terdapat salju yang menutupi puncaknya. Meski Indonesia merupakan negara tropis, salju ini seperti tak mencair. Sayangnya saat ini salju yang dimiliki Puncak Cartenz sebagian sudah hilang karena pemanasan global yang akhir-akhir ini terjadi.

3. Pasir Pink

Pink Beach (Famous)

Pasir pantai umumnya berwarna putih, atau hitam. Pasir berwarna hitam saja mungkin sudah dianggap aneh dan unik. Namun di Taman Nasional Komodo, terdapat pantai yang memiliki pasir pantai berwarna merah muda alias pink. Pantai-pantai tersebut adalah Pink Beach dan Pantai Namo. Diketahui pasir merah muda tersebut berasal dari pecahan karang berwarna merah yang telah mati.

4. Fenomena api biru

Api biru di Kawah Ijen (Famous)

Fenomena blue fire atau api biru di dunia ini hanya ada dua, yaitu Islandia dan Indonesia. Di Indonesia, fenomena ini terdapat di Kawah Ijen di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong datang ke Kawah Ijen untuk menyaksikan fenomena yang hanya ada dua di dunia. Namun sebenarnya fenomena ini bukan api, melainkan keluarnya gas belerang dari celah-celah batuan dengan suhu sangat tinggi dan bertemu dengan udara di sekitar.

5. Seruling laut

Pantai Klayar (Famous)

Pantai Klayar, sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur memiliki sebuah fenomena alam menakjubkan. Fenomena ini sering disebut sebagai seruling laut. Serulig laut merupakan sebuah fenomena dimana air laut dapat berhembus melalui lubang dataran pantai ke atas sehingga membentuk seperti air mancur yang menawan. Bersamaan dengan semburan itu, suara yang dihasilkan dikatakan mirip dengan suara seruling. Seruling laut dapat dilihat apabila ombak deras menerpa dataran dan bebatuan hingga masuk dalam celah lubang yang menembus dinding bebatuan.

Itulah kelima fenomena alam unik yang hanya ada di Indonesia. Kita mestinya bangga bisa memiliki kekayaan alam yang melimpah dan juga memiliki keunkannya masing-masing. Siapa di antara JB’ers yang sudah pernah mengunjungi kelima tempat tersebut? (tom)

Apa Komentarmu
Loading...