Menjelajahi Gunung Berapi Mahangetang di Dasar Laut yang Dikelilingi Terumbu Karang Indah

Wilayah Sulawesi termasuk dalam wilayah pertemuan lempeng bumi. Kondisi geografis yang demikian menyebabkan Pulau Sulawesi memiliki kekayaan hayati yang mengagumkan. Misalnya seperti pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Berbagai biota laut dan gugusan terumbu karang akan menyuguhkan keindahan dan pengalaman yang nggak terlupakan. Namun ada satu yang terbilang unik. Nggak cuma terumbu karang saja, perairan Sulawesi juga memiliki gunung api aktif di dasar laut. Gunung itu bernama Gunung Mahangetang.

Gunung Mahangetang oleh masyarakat setempat juga dinamai Gunung Banua Wuhu. Gunung ini juga merupakan gunung vulkanik yang masih aktif. Puncak Gunung Banua Wuhu berada di kedalaman sekitar 6-8 meter di bawah permukaan laut. Di puncak gunung ini, kamu bisa menemui ekosistem bawah laut yang sangat mengagumkan.

Gunung Mahangetang (Instagram)

Lokasi Gunung Banua Wuhu berada di wilayah perairan Pulau Mahangetang, salah satu pulau di gugusan Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Puncak gunung ini terletak di sekitar 300 meter sebelah Barat Daya Pulau Mahangetang. Gunung Banua Wuhu bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan laut dari Kota Tahuna, Kabupaten Sangihe, atau sekitar 5 jam perjalanan laut dari Kota Manado.

Pada kedalaman 6 meter, kamu akan menemui terumbu karang yang mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Gelembung-gelembung tersebut adalah gas yang keluar dari perut Gunung Banua Wuhu. Di kedalaman ini, suhu air laut akan sedikit hangat, sekitar 37 derajat sampai 38 derajat Celsius.

Gunung Mahangetang (Instagram)

Meskipun terumbu karang tersebut sangat menarik, disarankan agar kamu nggak memegang terumbu yang mengeluarkan gelembung, karena suhu gelembung tersebut menurun drastis saat bersentuhan dengan air laut, tetapi sangat panas ketika masih berada dalam rongga terumbu. Hati-hati agar tangan kamu jangan sampai melepuh.

Menyelam lebih dalam, di kedalaman sekitar 10 sampai 20 meter kamu akan menemukan ekosistem laut yang menakjubkan. Gugusan terumbu karang berjajar rapat dan terlihat sehat, dengan berbagai jenis ikan dan hewan lainnya yang berlalu-lalang dan bermain di sela-sela karang. Ekosistem ini mirip dengan ekosistem yang ada di sekitar Gunung Kawio Barat, dimana terumbu karang dan biota lautnya sangat menarik dengan bermacam-macam warna.

Gunung Mahangetang (Instagram)

Jika kamu memang gemar diving dan ingin mencoba tempat yang lain daripada biasanya, bisa menjajal Gunung Mahangetang di Sulawesi ini. (tom)

Apa Komentarmu
Tunggu Dong...